Bupati Sosialisasikan Program "Kece" Lewat Ronda

id bupati mustafa dan kampung kece

Bupati Sosialisasikan Program "Kece" Lewat Ronda

Bupati Lampung Tengah Mustafa saat menyosialisasikan program "Kampung Entrepreneur Creative" (Kece) ke masyarakat melalui kegiatan ronda di Kecamatan Buminabung, Selasa (16/5) dinihari. (FOTO:ANTARA Lampung/Humas Pemkab Lampung Tengah)

...Kesejahteraan masyarakat lahir jika ada banyak wirausahawan yang nantinya mampu menciptakan lapangan pekerjaan, kata Mustafa...
Lampung Tengah (ANTARA Lampung) - Bupati Lampung Tengah Mustafa menyosialisasikan program "Kampung Entrepreneur Creative" (Kece) ke masyarakat melalui kegiatan ronda di sejumlah kampung.

Salah satu yang dilakukannya saat Bupati melakukan ronda di Kecamatan Buminabung, Selasa dinihari.

Sebagai salah satu program unggulan, program Kece nantinya akan memberikan pelatihan kewirausahaan kepada pemuda-pemuda di setiap kampung di Lampung Tengah. Nantinya diharapkan akan melahirkan wirausahawan-wiraushawan muda yang mampu membawa perubahan ekonomi di tingkat kampung.

"Kesejahteraan masyarakat lahir jika ada banyak wirausahawan yang nantinya mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Melalui program Kece saya akan memberikan pelatihan wirausaha kepada pemuda-pemuda di Lampung Tengah. Skill yang dimiliki nantinya menjadi bekal untuk memulai usaha," katanya.

Pemuda saat ini harus mulai mengubah pola pikirnya untuk tidak fokus mencari pekerjaan, tetapi bagaimana mampu menciptakan lapangan pekerjaan di tengah masyarakat. Semakin banyak jumlah pengusaha, semakin besar pula peluang penyerapan tenaga kerjanya.

"UKM-UKM dan industri kecil rumahan harus terus didorong tumbuh. Pemuda dan masyarakat harus dilatih. Sejauh ini berbagai inovasi juga telah kami lahirkan, mulai dari beras singkong, kopi ronda, beras tiwulku, pupuk ronda, dan puluhan produk lainnya. Ke depan ini akan terus ditingkatkan," ujar dia.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengapresiasi aktivitas ronda yang berlangsung di Buminabung. Selain masyakaratnya yang aktif, program kampung terang juga berjalan baik, dan warga diminta bisa konsisten menjalankan ronda, demi terwujudnya Lampung Tengah yang aman.

Sementara itu Camat Buminabung, Abdul Wahab menyambut baik program Kece yang digulirkan Bupati Lampung Tengah, karena melalui program tersebut akan lahir potensi-potensi daerah yang dimunculkan oleh pemuda.

"Selama ini banyak potensi daerah dan pemuda di Lampung Tengah yang masih belum tersalurkan. Dengan adanya program Kece, mudah-mudahan para pemuda semakin termotivasi untuk lebih kreatif lagi. Jika pemudanya maju, Insya Allah daerah juga akan maju," katanya menambahkan.


(ANTARA)