UNBK SMA/SMK mulai 2018 harus 100 persen

id UN SMA, UN, SMA

UNBK SMA/SMK mulai 2018 harus 100 persen

UNBK 2017/Suasana siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3 Bandar Lampung saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di hari pertama, Senin (3/4). (ANTARA Lampung/Ardiansyah/yoks).

Jakarta (Antara Lampung) - Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Hamid Muhammad mengatakan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) ditingkatkan menjadi 100 persen.
         
"Tahun depan, kami menargetkan pelaksanaan UNBK mencapai 100 persen," ujar Hamid di Jakarta, Senin.
        
Hamid mengatakan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, terutama mengenai pembagian sumber daya. 

"Terutama untuk SMA dan SMK yang tak mempunyai komputer lengkap."
   
Pihaknya juga akan melakukan pembagian sumber daya dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) agar bisa menyelenggarakan UNBK 100 persen.
        
Sebelumnya, Mendikbud Muhadjir Effendy meminta agar SMK yang memiliki jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) untuk melakukan penyediaan sarana untuk pelaksanaan UNBK.
        
"Secara bertahap, kami akan menyediakan fasilitas sehingga ke depan UNBK menjadi satu-satunya pilihan," ujar Muhadjir.
        
Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu mengatakan pada saat ini pihaknya mengalami kendala dalam pemenuhan fasilitas komputer dan jaringan internet.
        
Oleh karenanya, pihaknya akan bekerja sama dengan banyak pihak termasuk di antaranya Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk penyediaan jaringan internet dan SMK untuk penyediaan komputer.

 ANTARA