Aksi dukung Ahok di LN diminta tertib

id Ahok,Lilin untuk Ahok, NKRI, Pancasila
Aksi dukung Ahok di LN diminta tertib
Massa pendukung Ahok di Tugu Proklamasi menyalakan lilin tanda solidaritas. (ANTARA News/Natisha)
Jakarta (Antara Lampung) - Kementerian Luar Negeri RI mengimbau warga negara Indonesia di luar negeri tertib dan mematuhi peraturan ketika melakukan aksi dukungan kepada Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang divonis dalam perkara penistaan agama.
        
"Di manapun WNI berada, dalam melakukan  aktivitas apapun, yang perlu kami imbau adalah tetap mematuhi peraturan yang berlaku di negara tempat mereka berada," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir di Jakarta, Jumat.
        
Pernyataan tersebut disampaikan Arrmanatha untuk menanggapi adanya beberapa rencana aksi solidaritas yang dilaksanakan para WNI di luar negeri untuk menyatakan dukungan moral kepada Ahok, penegakan Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta peninjauan terhada pasal karet penistaan agama.
        
Aksi solidaritas komunitas WNI di luar negeri itu akan berlangsung, antara lain di Gronigen, Amsterdam, Den Haag, Utrecht  Belanda, Sydney, Canberra dan Perth Australia; Washington DC, New York, dan San Fransisco Amerika Serikat, Vancouver dan Toronto  Kanada.
        
Kemlu Indonesia mengimbau agar aksi-aksi solidaritas oleh para WNI di negeri-negeri itu berlangsung secara damai, dan tidak mengganggu ketertiban umum.
        
"Kami terus mengimbau para WNI untuk tidak melanggar peraturan  di negara tempat mereka masing-masing berada," ujar Arrmanatha.
         
Indonesia mendapat sorotan internasional, khususnya dari badan-badan dunia, pascaputusan kontroversial terhadap perkara penistaan agama dengan terdakwa Gubernur DKI Jakarta Ahok.  

ANTARA
 

Editor: Hisar Sitanggang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.014 seconds memory usage: 0.36 MB