Direktur FBI dipecat

id FBI, AS

James Comey (Reuters/dnaindia.com)

Washington (Antara/Xinhua-OANA) - Presiden AS Donald Trump telah memecat Direktur Biro Penyelidikan Federal (FBI) James Comey, kata Gedung Putih di dalam satu pernyataan pada Selasa (9/5).
        
"Hari ini, Presiden Donald J. Trump memberitahu Direktur FBI James Comey bahwa masa tugasnya ia telah berakhir dan ia dicopot dari jabatan," kata pernyataan tersebut.
        
"Presiden Trump bertindak berdasarkan saran jelas dari Wakil Jaksa Penuntut Umum Rod Rosenstein dan Jaksa Agung Jeff Sessions," tambah pernyataan itu.
        
"FBI adalah salah satu lembaga yang dihormati dan dihargai di negeri ini, dan hari ini menandai awal baru bagi permata mahkota penerapan hukum kita," kata pernyataan tersebut, yang mengutip Trump.
        
Proses pemilihan direktur baru FBI sedang berlangsung.
        
Di dalam surat yang dikirim kepada Comey pada Selasa pagi, sebagaimana dilaporkan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu siang, Trump mengatakan ia bertindak atas saran dari jaksa agung dan wakil jaksa agung.
         
Comey diangkat sebagai Direktur FBI pada 2013, dan terlibat kontroversi selama pemilihan presiden pada 2016, setelah ia mengumumkan penyelidikan mengenai surel calon dari Partai Demokrat Hillary Clinton beberapa hari sebelum hari pencoblosan. Hillary menyatakan sebagian tindakan itu menjadi penyebab kekalahnanya.
        
Pemecatan Comey membuat terkejut banyak orang yang bekerja di dalam FBI, dan telah memicu kecaman dari kubu Demokrat.
        
Comey, yang sebelumnya dijadwalkan berbicara dalam satu acara di Los Angeles pada Selasa malam, dilaporkan ia mengetahui pemecatannya dari televisi.
 
Penerjemah : Chaidar
Antara/Xinhua-OANA



Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar