Sopir Tangki Pertamina Senang Dapat Tambahan Ilmu

id pertamina, test driver, sopir tangki, mobil tangki

Sopir Tangki Pertamina Senang Dapat Tambahan Ilmu

Peserta pelatihan sedang mengendari truk tangki dipantau instruktur. (ANTARA Lampung/Triono Subagyo)

Kami banyak mendapat masukan cara mengemudi yang baik dan benar, serta saling tukar pengalaman dengan sesama sopir...
Bandarlampung,  (ANTARA Lampung) - Sejumlah pengemudi tangki Pertamina Wilayah Operasional Sumbagsel mengaku senang karena mendapat banyak wawasan dalam pelatihan "Akademi Awak Mobil Tangki" yang digelar di Lampung.
    
"Kami banyak mendapat masukan cara mengemudi yang baik dan benar, serta saling tukar pengalaman dengan sesama sopir," kata Suheri pengemudi truk tangki dari Palembang, Sumatera Selatan di Bandarlampung, Kamis.
    
Ia mengakui baru kali pertama mengikuti pelatihan tersebut sehingga kian menambah wawasan dan teknik cara mengemudi, dan tujuan akhirnya adalah untuk keselamatan saat berkendara.
    
Pada praktik lapangan, sejumlah pengemudi tangki Pertamina tersebut mendapatkan bimbingan dari instruktur, mulai sebelum naik kendaraan, dalam kendaraan sebelum dinyalakan kontaknya, hingga siap jalan, termasuk selama dalam perjalanan.
    
Para pengemudi itu pun diberikan kesempatan satu per satu mengemudikan kendaraan truk tangki sekaligus diambil nilainya.
   
 Ketika Antara mengikuti perjalanan dalam truk tersebut, pengemudi mulai dari naik hingga kembali terus menyampaikan apa yang dilakukan dan harus disampaikan kepada instruktur yang dengan cermat mengamatinya serta memberikan penilaian.
   
 Misalkan, sebelum menyalakan kontak, pengemudi harus menyalakan klakson sekali, kemudian mengecek seluruh lampu dan rem. Saat hendak berjalan, harus menyalakan klakson dua kali.
   
 Selama dalam perjalanan, pengemudi menyampaikan persoalan yang ada di jalan misal mau belok ke kiri, melihat spion kanan-kiri, di depan ada tikungan, harus siap menyalakan lampu sein, dan lainnya.
    
PT Pertamina (Persero) menggelar pelatihan bagi awak mobil tangki untuk keselamatan distribusi energi di wilayah operasional Sumatera bagian selatan (Sumbagsel).
   
"Keselamatan dan keamanan merupakan prioritas utama dalam operasional PT Pertamina, termasuk dalam proses distribusi energi, baik bahan bakar minyak maupun elpiji," kata Area Manager Communication and Relations Sumbagsel M Roby Hervindo, dalam siaran pers di Bandarlampung, Rabu.
  
 Ia menyebutkan, kegiatan yang dimulai sejak 2 hingga 4 Mei 2017 itu sebagai bagian dari Sistem Manajemen Keselamatan Transportasi Darat (SMKTD).
  
 Pertamina, lanjutnya, mengadakan pelatihan berkala "Akademi Awak Mobil Tangki" kepada 60 awak mobil tangki (AMT) yang beroperasi di wilayah operasional Terminal BBM (TBBM) Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel.
    
Menurutnya, pelatihan AAMT gelombang IV tahun 2017 ini meliputi aspek keselamatan dan keamanan dalam kegiatan operasional, dasar hukum penerapan aspek keselamatan dan keamanan dalam operasional migas, pengenalan bahaya (risk identification/assessment) pada kegiatan operasional mobil tangki, persyaratan mobil tangki, dan hal-hal yang harus dilakukan jika terjadi kondisi darurat.
   
Sementara Pengawas Operasi BBM Pertamina Patra Niaga, Lampung, Gede Paramitha Diarsa yang menyiapkan kendaraan untuk praktik mengemudi menjelaskan pihaknya setiap pagi selalu memberikan motivasi kepada para pengemudi.
  
 "Saya pernah tanya ke pengemudi, punya anak, usia berapa. Dijawab ada usia, 25 tahun. Ingin melihat ia menikah dan melihat cucunya? Apa yang harus dilakukan? Dijawab harus berhati-hati dalam berkendara," kata dia.
   
Gede menjelaskan, apa yang dilakukan tersebut untuk selalu mengingatkan dalam berkendara, dan pengemudi harus mengecek kendaraan sebelum dan sesudah mengantarkan BBM.