BMKG: Waspadai hujan lebat-petir-angin kencang di Lampung

id ilustrasi hujan, bmkg, anin kencang, petir, ilustrasi hujan lebat

BMKG: Waspadai hujan lebat-petir-angin kencang di Lampung

Ilustrasi hujan angin (FOTO:ANTARA Lampung/Ist)

Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyampaikan peringatan untuk mewaspadai curah hujan lebat disertai kilat dan petir yang diperkirakan terjadi pada sejumlah wilayah di Provinsi Lampung pada Sabtu hingga Minggu (30/4) pagi.

Menurut BMKG, seperti disampaikan Stasiun Meteorologi Radin Inten II, di Branti, Lampung, Sabtu, kewapadaan potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Timur, Kota Metro, Kabupaten Lampung Utara, Way Kanan, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, dan Mesuji pada sore dan malam hari.

Apabila terjadi perubahan cuaca yang signifikan akan diupdate dan diinformasikan melalui peringatan dini cuaca ekstrem dan media sosial, kata petugas BMKG dimaksud.

Prakiraan cuaca umum Provinsi Lampung berlaku 29 April pukul 07.00 WIB hingga 30 April 2017 pukul 07.00 WIB, menyebutkan angin secara umum bertiup dari arah tenggara hingga barat laut dengan kecepatan antara 5-13 knot (9-25 km/jam). Jarak pandang berkisar antara 5-10 km.

Suhu udara secara umum berkisar antara 24-32,5 derajat Celsius, kecuali Lampung bagian barat (Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 17-30 derajat Celsius.

Kelembaban udara secara umum berkisar antara 62-95 persen, kecuali Lampung bagian barat (Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 66-98 persen.

Secara umum wilayah Lampung diprakirakan pagi hari berawan.

Siang hari diprakirakan hujan ringan-sedang di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung Barat, Way Kanan, Lampung Utara, Tanggamus, Lampung Selatan, Kota Bandarlampung, Kapubaten Pringsewu, Pesawaran, Mesuji, Tulangbawang, dan Tulangbawang Barat. Diprakirakan hujan sedang-lebat di Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Kota Metro.

Malam hari diprakirakan hujan sedang-lebat di Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Timur, Kota Metro, Kabupaten Lampung Utara, Way Kanan, Tulangbawang Barat, Tulangbawang, dan Mesuji.

Dini hari diprakirakan hujan ringan di Kabupaten Way Kanan, Tulangbawang Barat, dan Mesuji. (Ant)