Paus Fransiskus rayakan misa di stadion militer Mesir

id Paus, Mesir

Paus Fransiskus rayakan misa di stadion militer  Mesir

Paus Francis (Reuters/Mohamed Abd El Ghany)

Kairo (Antara/Reuters) - Paus Fransiskus merayakan misa di sebuah stadion militer pada Sabtu, di hari terakhir dalam kunjungan dua harinya ke Kairo, dimana ia telah meminta para pemimpin semua agama untuk menolak kekerasan antaragama dan mencela tindakan intoleransi.
         
Tiga minggu setelah serangan kelompok IS terhadap dua gereja di Mesir yang menewaskan sedikitnya 45 orang, Paus Fransiskus telah memanfaatkan kunjungannya untuk menyerukan kebebasan beragama dan menganggap tindakan ekstremis bertolakbelakang dengan sifat Tuhan.
         
"Bersama-sama mari kita tegaskan ketidaksesuaian antara kekerasan dan Iman, kepercayaan dan kebencian," katanya pada Jumat dalam sebuah konferensi perdamaian internasional di Universitas Al-Azhar. 
         
Dengan cara yang sama, dia meratapi kenyataan bahwa "demagogis dalam bentuk populisme sedang meningkat" sebuah acuan yang berkembang pada partai sayap kanan di Eropa dalam beberapa tahun terakhir, dengan mempromosikan agenda anti-migran.
         
Setelah hari pertama pertemuan padat dengan tokoh politik dan pemimpin agama, sorotan pada Sabtu adalah pada Misa di Stadion Angkatan Udara dengan daya tampung hingga 25.000 orang, yang tidak biasa digunakan sebagai tempat ibadah. Namun yang menarik perhatian adalah masalah pengamanan seputar perjalanannya.
         
Humvee militer berpatroli di jalanan ibukota Mesir pada Jumat, meski Paus sendiri menolak menggunakan limusin berlapis baja, ia lebih memilih untuk bepergian dengan mobil Fiat biru yang sederhana.
         
Setelah Misa, paus akan makan siang bersama para Uskup Mesir dan berpidato di seminari lokal sebelum berangkat kembali ke Italia di sore hari.
         
Mesir memiliki sekitar 9 juta umat Kristen, membentuk 10 persen dari total populasi penduduk, sejauh ini merupakan komunitas Kristen terbesar di Timur Tengah. Sebagian besar umat Kristen di Mesir adalah orang Koptik dengan nyaris 250.000 anggota Gereja dalam jemaah Katolik Roma.

 Antara/Reuters         
Penerjemah : .Aulia/KR-AMQ