Sabtu, 23 September 2017

Wapres Minta Industri Kembangkan Mobil Ramah Lingkungan

id wapres jusuf kalla
Wapres Minta Industri Kembangkan Mobil Ramah Lingkungan
Wakil Presiden Jusuf kalla (ANTARA FOTO/Saptono)
...Kita harapkan Indonesia tidak hanya merakit tapi juga menguasai teknologinya agar penjualannya lebih baik, kata Wapres...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta industri otomotif dalam negeri untuk mengembangkan mobil ramah lingkungan sehingga mampu menembus pasar ekspor.

"Kita harapkan Indonesia tidak hanya merakit tapi juga menguasai teknologinya agar penjualannya lebih baik," kata Wapres saat membuka Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis.

Wapres mengatakan perkembangan teknologi banyak membawa perubahan termasuk pada industri kendaraan.

Begitu juga di Indonesia, di mana masyarakat yang merupakan konsumen menginginkan mobil murah dan ramah lingkungan.

"Kalau masyarakat ingin 'low energy consumption', berapa pakainya satu liter, yang murah dan sekarang 'low carbon emission'. Berarti memang tantangan teknologi terus berkembang. Karena itu kita harapkan juga di Indonesia bukan hanya merakit, tetapi juga mempunyai teknologinya," kata dia.

Dengan menguasai teknologi, menurut Wapres, Indonesia bukan hanya menjadi pasar, atau industri perakitan, tetapi juga mengembangkan riset dan desain agar memenuhi standar yang ingin dikuasai.

"Pemerintah tentu mendukung, sangat berkeinginan bukan hanya menjadi pasar yang besar, tapi juga produksi dan pengekspor yang besar," ujar Wapres.

Diharapkan Indonesia menjadi manufaktur atau pengekspor kendaraan yang bersaing dengan Thailand, kata Wapres. (Ant)

Editor: Samino Nugroho

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.007 seconds memory usage: 0.45 MB