Pemprov Lampung Terus Dorong Pengembangan Kopi Robusta

id kopi robusta lampung

Pemprov Lampung Terus Dorong Pengembangan Kopi Robusta

Ilustrasi kopi robusta lampung (ist)

...Sebagai produsen kopi nomor satu di Indonesia dan kebanggaan masyarakat Lampung, kopi robusta juga diharapkan makin dikenal secara lebih luas, kata Budiharto...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung bersama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia terus berupaya mendorong pengembangan kopi robusta agar dikenal secara luas.

"Sebagai produsen kopi nomor satu di Indonesia dan kebanggaan masyarakat Lampung, kopi robusta juga diharapkan makin dikenal secara lebih luas," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Budiharto di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan bahwa pengusaha kopi di Lampung diharapkan mengenalkan kopi robusta seperti mengenai seluk beluk kopi robusta kepada masyarakat luas termasuk wisatawan yang berkunjung ke Lampung.

Menurutnya, pengusaha kopi maupun para barista yang memiliki kedai kopi dapat memperdalam pengetahuan tentang pengolahan, cara pengemasan, penyajian dan cita rasa kopi terutama kopi robusta Lampung sehingga kopi Lampung makin banyak yang kenal.

"Produksi kopi robusta Lampung nomor satu satu di Indonesia. Di sisi lain Lampung juga memiliki kekayaan alam dan industri kreatif seperti Tapis Lampung. Kekayaan alam dan budaya Lampung masih membutuhkan perhatian dan dukungan pemerintah pusat dan promosi agar lebih dikenal secara lebih luas," jelasnya.

Budiharto mengatakan pula, Provinsi Lampung adalah penghasil dan pengekspor kopi robusta terbesar di Indonesia yaitu 70 persen dari ekspor kopi nasional, dengan produksi di atas 100.000 ton biji kopi kering/tahun.

"Dengan perkebunan kopi kita bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi Lampung. Untuk itu kami harus terus dukung kopi robusta, serta seluruh ekonomi kreatif Provinsi Lampung," ujarnya.

Kepala Subdit Edukasi Sub Sektor Ekonomi Kreatif Bekraf Indonesia, Toar Mangaribi mengatakan Bekraf memiliki peran dalam melakukan pelaksanaan pembinaan dan memberikan dukung bagi semua pelaku bisnis di Indonesia.

"Barekraf membantu Presiden untuk merumuskan dan mengkoordinasi bagaimana pelaku usaha bisnis ini agar terus berkembang, termasuk pengusaha kopi, terutama yang ada di Provinsi Lampung," ujarnya.

Toar melihat Lampung yang terkenal sebagai penghasil kopi robusta dan pihaknya akan terus mendukung serta melakukan pembinaan kepada para pengusaha kopi di daerah setempat.

"Lampung ini luar biasa kopinya, bahkan salah satu brand yang telah mendunia seperti `Nescafe` kopinya berasal dari Lampung. Untuk itu diperlukan promosi yang gaungnya lebih besar. Sehingga masyarakat Indonesia mengetahui bahwa Lampung merupakan salah satu sentra kopi di Indonesia," tambahnya. (Ant)