Anggota DPR puji langkah Panglima TNI

id Panglima TNI, TNI

Anggota DPR puji langkah Panglima TNI

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Jakarta (Antara Lampung) - Anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengapresiasi langkah Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang menginstruksikan jajarannya untuk menyelesaikan tuduhan makar yang diberitakan media daring (online) tirto.id melalui Dewan Pers.
          
"Panglima TNI mengambil langkah yang baik karena saya yakin Panglima TNI tidak mau terjebak dalam lingkaran yang bisa membuat kehancuran. Sikap Panglima TNI sangat kami apresiasi dengan melakukan langkah tersebut," kata Sahroni di Jakarta, Senin.
          
Upaya ini menurutnya, sebagai bagian dari kearifan TNI untuk turut menjaga Kamtibmas dan keutuhan NKRI.
          
Terkait kondisi Kamtibmas pasca-Pilkada DKI, Sahroni memandang Polri dan TNI Polri telah melaksanakan tugas yang hebat dan mulia dalam pengamanan proses pencoblosan 19 April lalu.
         
Ia mengingatkan Gubernur DKI terpilih adalah pilihan masyarakat Jakarta.
           
"Kita harus terima apa yang menjadi pilihan masyarakat. Pilgub DKI sudah selesai dan sekarang saatnya membangun kembali untuk kebaikan masyarakat secara menyeluruh," ujar politisi NasDem ini.
           
Gubernur, lanjut ia harus milik masyarakat dan bukan milik kelompok atau golongan semata.
           
"Majulah Gubernur DKI yang baru. Jadikan DKI menjadi hebat kepada semua masyarakat. Demi bangsa dan negara kita tercinta, marilah kita berpegangan tangan bersatu untuk meperkuat NKRI," ucapnya.
          
Mabes TNI sebelumnya berencana melaporkan Tirto.id ke Mabes Polri karena mempublikasikan hasil investigasi wartawan asing Allan Nairn tentang dugaan keterlibatan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dalam upaya makar terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo.
           
Publikasi media online pada 19 April tersebut merupakan terjemahan dari versi bahasa Inggris yang diterbitkan sebelumnya di media online The Intercept. Media ini sebelumnya dikenal dengan publikasi dokumen-dokumen pemerintah Amerika Serikat yang dibocorkan Edward Snowden, bekas pegawai Badan Pertahanan Nasional Amerika Serikat (NSA).
          
Kapuspen TNI Mayjen Wuryanto menyampaikan bahwa Mabes TNI batal melapor ke polisi atas instruksi Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang tidak ingin kasus itu menjadi polemik di masyarakat.
          
Ia menyebutkan TNI akan mengadukan Tirto.id ke Dewan Pers, pada Selasa (25/4).

 
ANTARA