Markas AS di Afghanistan diserang

id Perang Afghanistan dan Pakistan, Taliban

Markas AS di Afghanistan diserang

File/Aparat keamanan Afghanistan menutup jalan dekat markas terbesar AS di Bagram, 50 km sebelah utara Kabul, setelah terjadi serangan bom. (AFP/yahoo.com)

Khost (Antara/Reuters) - Terduga gerilyawan Taliban, Senin, menyerang markas tentara Amerika Serikat di Provinsi Khost, Afghanistan timur, kata pejabat.
        
Namun, pejabat itu tidak memberikan banyak rincian langsung tentang serangan tersebut, yang bertepatan dengan kunjungan Menteri Pertahanan AS James Mattis ke Kabul.
        
Penyerang itu meledakkan bom mobil di jalan masuk markas Chapman, sarana rahasia diawaki pasukan dan pekerja militer swasta Amerika Serikat, kata Mubarez Mohammad Zadran, juru bicara gubernur provinsi tersebut.
        
Tapi, dia hanya memiliki sedikit informasi langsung tentang kerusakan atau korban.
        
"Saya mengetahui ada serangan bom mobil di salah satu gerbang di markas AS itu, namun kami tidak diijinkan mendapatkan keterangan lebih lanjut," kata juru bicara tersebut.
        
Juru bicara militer A.S. di Afghanistan, Kapten William Salvin, membenarkan serangan bom mobil tersebut. Dia mengatakan di sana tampaknya ada sejumlah korban warga Afghanistan namun tidak ada satupun di antaranya yang berkebangsaan Amerika Serikat  atau personil koalisi di markas.
        
Serangan tersebut terjadi hanya tiga hari setelah lebih dari 140 orang tentara Afghanistan tewas dalam serangan terhadap pangkalan mereka oleh para petempur Taliban yang menyamar dengan seragam militer.   
 
Penerjemah : GNC Aryani/B Soekapdjo
Antara/Reuters