Chelsea singkirkan Tottenham di piala FA

id Hotspur tempel Chelsea, hotspur

 Chelsea singkirkan Tottenham di piala FA

Pemain Chelsea merayakan kemenangan. (BBC)

       
 London,  (Antara/Reuters) - Gol-gol larut dari Eden Hazard dan Nemanja Matic mengunci kemenangan 4-2 bagi Chelsea atas rival Londonnya Tottenham Hotspur pada pertandingan semifinal Piala FA di Wembley pada Sabtu.

Ini merupakan keempat kalinya semifinal kompetisi ini menampilkan dua tim teratas di klasemen Liga Inggris, dan laga ini tidak mengecewakan ketika kedua tim yang bersaing ketat di liga ini menampilkan permainan menarik.

Pemain asal Brazil Willian, yang secara mengejutkan menyingkirkan Hazard di tim inti, dua kali membawa Chelsea memimpin, pertama pada menit keempat melalui tendangan bebas dan kemudian menjelang turun minum dari eksekusi penalti.

Dua kali Tottenham mampu menyamakan kedudukan dengan Harry Kane yang menyundul bola untuk membuat kedudukan imbang pada menit ke-18, dan Dele Alli mengubah skor menjadi 2-2 dengan penyelesaian bagusnya tujuh menit setelah turun minum.

Tottenham, yang tertinggal empat angka dari Chelsea di klasemen liga setelah laju penampilan yang bagus, berkali-kali mendominasi permainan namun harapan mereka untuk menjuarai Piala FA untuk pertama kalinya sejak 1991 sirna.

Pertama Hazard, yang menggantikan Willian saat pertandingan menyisakan 30 menit, melepaskan tembakan mendatar yang gagal diantisipasi Hugo Lloris, kemudian Matic melepaskan tembakan dari jarak 30 meter untuk menyingkirkan Spurs, yang hanya menang satu kali dari sembilan pertandingan terakhirnya di Wembley dan kini telah kalah tujuh kali secara beruntun di semifinal Piala FA.

Ini merupakan kemenangan besar bagi Chelsea yang belakangan dihantam dua kekalahan di liga dan mereka akan berhadapan dengan Arsenal atau Manchester City di final, dengan peluang meraih gelar ganda.

Setelah mengenang almarhum mantan bek Inggris dan pelatih Tottenham U-23 Ugo Ehiogu yang wafat pada Jumat, semifinal dimulai dengan tempo tinggi.

Chelsea, yang membangku cadangkan Diego Costa dan Hazard, menggempur dengan cepat dan mencetak gol pertama.

Bek Tottenham Toby Alderweireld beruntung dapat lolos dari kartu merah ketika ia tekelnya mengakhiri laju Pedro, namun hukuman yang lebih besar diberikan oleh Willian, yang melepaskan tendangan bebas yang indah melewati Lloris.

Tottenham tertekan ketika Chelsea mencoba mengembangkan permainan, namun keunggulan Chelsea hanya bertahan selama 13 menit.

    
   Sundulan halus
   
Tendangan sudut Christian Eriksen dapat diblok namun ketika bola itu kembali ke pemain Denmark itu, ia melepaskan umpan silang rendah dan Kane, yang nyaris berlutut, melepaskan sundulan halus melewati Thibaut Courtois untuk menjadi gol ke-26nya musim ini.

 Alli menjadi lebih terlibat dan membuat David Luiz kesakitan setelah ia secara tidak sengaja mendarat di pergelangan kaki bek Chelsea itu.

Ketika Tottenham mengendalikan permainan, Eric Dier nyaris mencetak gol untuk membawa mereka unggul dengan sundulannya dari bola operan Jan Vertonghen, namun bola masih melebar.

Chelsea kemudian unggul, kembali melalui bola mati.

N'Golo Kante mengirimkan bola kepada Victor Moses di sisi kanan, dan ia dijatuhkan oleh Son Heung Min, yang bermain sebagai bek sayap kiri, melalui tekelnya.

Setelah tertunda beberapa saat, wasit Martin Atkinson menunjuk titik putih dan Willian sukses menjadi eksekutor.

Tottenham kembali menyamakan kedudukan melalui proses yang indah saat babak kedua berlangsung tujuh menit, ketika kiriman bola dari Eriksen membuat Luiz kebingungan dan Alli, dengan pengaturan waktu yang tepat, menyambar bola tinggi melewati Courtois.

 Conte bereaksi dengan memasukkan Conta dan Hazard, untuk menggantikan Willian dan justru Hazard yang mengejutkan Tottenham, ketika ia mendapatkan banyak ruang dan melepaskan tembakan melewati serangkaian pemain.

Matic kemudian membuat penggemar Chelsea terbang ke langit ketujuh dengan gol keempatnya.