Gubernur Bantu Nelayan Lampung Timur Rp10 Miliar

id gubernur ridho bantu nelayan lamtim

Gubernur Bantu Nelayan Lampung Timur Rp10 Miliar

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo didampingi Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim (kedua kanan) saat mengunjungi Desa Muara Gading Mas, Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur, Rabu (19/4) (FOTO:ANTARA Lampung/Ist))

Labuhan Maringgai, Lampung (ANTARA Lampung) - Gubernur Lampung M Ridho Ficardo segera menggelontorkan dana sebesar Rp10,3 miliar untuk nelayan Desa Muara Gading Mas, Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur.

"Kami akan membantu nelayan Lampung Timur Rp10,3 miliar dengan rincian pengerukan sungai sebesar Rp7 miliar, dana perbaikan pemecah gelombang Rp3 miliar, dan pengerasan area bongkar muat sebesar Rp335 juta," kata Ridho di Desa Muara Gading Mas, Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur, Rabu (19/4).

Ia menyebutkan Labuhan Maringgai merupakan satu-satunya wilayah yang ditujuk pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai inisiator pengelola rajungan nasional.

Karena itu, ia mengharapkan semua pihak mendukung dan menyukseskan program nasional tersebut.

Selain itu, Ridho juga menyampaikan berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung guna mendukung sentra perikanan Provinsi Lampung.

"Pemerintah Provinsi Lampung meminta agar masa transisi/peralihan alat tangkap menjadi 2 tahun, untuk itu saya berharap pemda dapat membantu para nelayan dalam masa peralihan alat tangkap ikan, pendampingan kepada nelayan-nelayan yang berhadapan dengan masalah hukum," ujarnya.

Gubernur juga berharap agar masyarakat dan para nelayan Labuhan Maringgai dapat senantiasa menjaga dan melestarikan sumber daya alam serta menjadikan Labuhan Maringgai sebagai sentra produksi perikanan nasional.

Bupati Lampung Timur Chusnunia mengatakan pihak akan terus mengurangi angka kemiskinan di daerah ini, salah satunya di Labuhan Maringgai.

Ia menyebutkan, ke depan angka kemiskinan di Labuhan Maringgai dapat ditekan semaksimal mungkin.

"Saat ini data yang diperoleh dari BPS, Labuhan Maringgai merupakan daerah kantung kemiskinan. Untuk itu saya berharap dengan berbagai program yang dilakukan Gubernur dapat membantu kami masyarakat Lampung Timur khususnya Labuan Maringgai sejahtera sehingga angka kemiskinan dapat ditekan semaksimal mungkin," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu masyarakat Desa Muara Gading Mas menyampaikan kebutuhan dan harapannya kepada Gubernur dalam rangka pendalaman air sungai serta perbaikan infrastruktur jalan menuju Pangkalan Pendaratan Ikan.

"Kami masyarakat Muara Gading Mas berharap adanya pendalaman air sungai, karena selama ini keluar masuk perahu terhambat karena adanya pendangkalan alur sungai," Haryanto salah satu nelayan Muara Gading Mas.

Selain itu, ia mengharapkan perbaikan jalan menuju PPI karena itu perlu dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung. (Ant)