Gubernur Lampung Hadiri Tasyakuran Laut

id larung laut lamtim, desa muara gading mas, bupati lampung timur
Gubernur Lampung Hadiri Tasyakuran Laut
Gubernur Lampung M Ridho Ficardho dan rombongan diatas kepal nelayan dalam acara melarung sesaji dalam tasyakuran laut dan ulang tahun Desa Muara Gading Mas yang ke-35 ini di laut Desa Muara Gading Mas Kecamatan Labuhan Maringgai, Rabu, (19/4) (FOTO:ANTARA Lampung/Muklasin)
...Ruwat laut adalah warisan nenek moyang yang masih terus dilestarikan oleh masyarakat nelayan di Kabupaten Lampung Timur...
Labuhan Maringgai, Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Gubernur Lampung M Ridho Ficardo menghadiri tasyakuran laut para nelayan di Desa Muara Gading Mas, Kecamatan Labuhan Maringgai, Rabu (19/4).

Selain Gubernur Ridho Ficardho yang menghadiri acara tersebut juga Kapolda Lampung Irjen Sudjarno, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, Wakil Bupati Zaiful Bokhari, Kapolres Lampung Timur AKBP Harseno, dan sejumlah pimpinan TNI di Lampung serta anggota DPRD Provinsi Lampung dan DPRD Lampung Timur.

Tasyakuran laut sekaligus ulang tahun ke-35 Desa Muara Gading Mas. Ribuan warga juga menghadiri dan menyaksikan pelaksanaan tasyakuran atau ruwatan laut tersebut.

Ketua panita pelaksana ruwat laut itu, Haryanto Sukarto mengatakan ruwat laut adalah warisan nenek moyang yang masih terus dilestarikan oleh masyarakat nelayan di Kabupaten Lampung Timur.

Menurut dia, ruwatan laut di Kecamatan Labuhan Maringgai rutin diadakan setiap tahun oleh nelayan setempat sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan atas hasil tangkap yang mereka dapatkan.

Haryanto menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab Lampung Timur, sehingga ruwat laut dimasukkan dalam kalender wisata Lampung Timur. Dia pun berharap ruwat laut juga menjadi agenda wisata Pemerintah Provinsi Lampung.

Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim pun menyanjung ruwat laut Desa Muara Gading Mas yang masih dilestarikan oleh nelayan setempat.

Chusnunia mengatakan Kecamatan Labuhan Maringgai menyimpan potensi yang luar biasa terutama hasil perikanan lautnya.

"Ini adalah tradisi untuk kita berharap kepada Tuhan, dengan ruwat laut ini sebagai sumber mata pencarian nelayan semoga hasil tangkapan bisa melimpah lagi," katanya pula.

Gubernur Lampung Ridho Ficardo dalam sambutannya menyanjung pula Bupati Lampung Timur yang mendukung kegiatan ruwat laut di daerahnya.

Ridho meminta Bupati Lampung Timur memprioritaskan pembangunan di Labuhan Maringgai, mengingat daerah ini merupakan sentra perikanan besar di Provinsi Lampung.

Dia menyebut Labuhan Maringgai telah ditetapkan sebagai daerah pengembangan kepiting rajungan berkelanjutan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) karena menjadi sentra penghasil kepiting rajungan.

Setelah membuka secara resmi ruwatan/nadran laut itu, Gubernur Ridho dan Kapolda Sudjarno bersama bupati Lampung Timur dan wakil bupati turut melarung kapal nelayan ke laut yang sudah dihiasi.

Puluhan kapal nelayan lainnya juga berbaur di tengah laut turut melarung ke laut.  (Ant)

 

Editor: Samino Nugroho

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.007 seconds memory usage: 0.35 MB