Senin, 26 Juni 2017

Bank Sampah Juarai Kompetisi Proposal Bisnis Nasional

id Bank Sampah Metro, Juara Proposal Bisnis Darmajaya, Bank Sampah Juara Proposal Bisnis
Bank Sampah Juarai Kompetisi Proposal Bisnis Nasional
Para juara lomba proposal tingkat nasional Manajemen Fair 2017 yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (Hima MA) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Lampung. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Proposal bisnis Bank Sampah yang diajukan Erik Pujianto, mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, Lampung menjadi juara I lomba proposal tingkat nasional Manajemen Fair 2017 yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (Hima MA) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

Erik Pujianto, di Bandarlampung, Rabu, mengatakan, proposal bisnisnya bukan lagi sebuah rencana tetapi sudah direalisasikan di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Metro Selatan, Kota Metro, Provinsi Lampung.

Usahanya tidak mengejar profit (keuntungan) semata, tetapi juga memiliki misi sosial untuk peduli dengan lingkungan dan masyarakat.

"Bank sampah melayani masyarakat untuk menabung menggunakan sampah yang tabungannya bisa mereka ambil per bulan. Banyak inovasi program yang ditawarkan oleh bank sampah, seperti bayar listrik dengan sampah, beli pulsa dengan sampah atau tabungan sekolah untuk mempersiapkan biaya pendidikan. Inovasi program bank sampah dibuat agar masyarakat tertarik dan peduli dengan sampah agar masalah sampah dapat berkurang," katanya pula.

Menurutnya lagi, bank sampah mengajak masyarakat untuk turut aktif dalam mengurangi, menggunakan dan mendaur ulang sampah dengan prinsip 3R (reduce, reuse, dan recycle) harapannya masyarakat tidak hanya mengumpulkan sampah lalu dijual langsung ke pengepul. Tetapi ada sentuhan kreativitas, bisa dibuat cenderamata atau kerajinan, sehingga sampah memiliki nilai estetika lebih dan berimbas pada peningkatan nilai ekonomi sampah.

Dalam kompetisi itu, juara II diraih M Rynaldi dari Universitas Telkom Bandung, Jawa Barat dengan proposal bisnis berjudul Bank Antar, serta Ghina Azhar F dari Universitas Telkom Bandung, jabar dengan proposal bisnis berjudul Foto Flexy sebagai juara III.

Ketua pelaksana lomba Enop Silaban mengatakan, dengan mengusung tema meningkatkan strategi dan kemampuan berwirausaha untuk menghadapi persaingan global, kompetisi ini diikuti delapan peserta yang berasal dari Institut Pertanian Bogor, Universitas Telkom Bandung, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Malahayati Lampung, Universitas Saburai Lampung, dan IAIN Metro Lampung.

Menanggapi kegiatan tersebut, Sekretaris Jurusan Manajemen Darmajaya Susanti SE MM mengucapkan selamat kepada para pemenang, dan mengapresiasi Hima MA Darmajaya yang telah sukses menyelenggarakan event nasional ini.

"Selamat untuk para pemenang proposal bisnis. Semoga hadiah uang tunai dapat dipergunakan untuk lebih mengembangkan usaha yang telah dirancang. Bagi peserta yang belum juara, jangan patah semangat, melainkan jadikan pengalaman ini menjadi motivasi untuk lebih mengembangkan kemampuan diri dan meningkatkan jiwa entrepreneurship," katanya pula.

Editor: Budisantoso Budiman

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0249 seconds memory usage: 0.35 MB