Peserta USBN SMP Lebih Santai

id usbn smp

 Peserta USBN SMP Lebih Santai

ilustrasi Ujian Nasional secara manual (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Jakarta (ANTARA Lampung) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) berjalan lancar dan pesertanya mengerjakan soal lebih santai (17/4)

"Untuk SMP, pelaksanaannya lebih santai karena sepertinya pesertanya juga lebih siap. Hal itu kami ketahui setelah memantau dua sekolah di Tangerang Selatan," ujar Direktur Pembinaan SMP Kemdikbud, Supriano, di Jakarta, Senin.

USBN untuk tingkat SMP diselenggarakan mulai 17 hingga 19 April dan mengujikan tiga mata pelajaran yakni Pendidikan Agama, PPKN dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Supriano mengatakan persiapan pelaksanaan USBN SMP lebih matang. Selain itu juga ada kebanggaan dari peserta didik, karena soal yang diujikan berstandar nasional dan sama antara satu sekolah dengan sekolah lainnya.

"Kalau dulu, soalnya berbeda antara satu sekolah dengan sekolah yang lain, karena yang membuat soal masing-masing sekolah," tuturnya.

Sedangkan untuk USBN yang baru pertama kali diadakan pada tahun ini, soalnya dibuat oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Supriano mengimbau sekolah untuk menjaga integritas dan mencegah terjadinya kecurangan.

"Kami selalu meminta sekolah menjaga kejujuran. Kami mengimbau kepala sekolah, guru, maupun siswa untuk menjaga integritas. Jangan sampai, mulai dari USBN terjadi pondasi ketidakjujuran," kata dia.

Untuk itu, dia meminta sekolah menjaga integritas dan terus dipertahankan. Pihaknya mengatakan tak ingin hanya mencetak generasi yang bagus secara akademis, tetapi karakternya juga harus baik.

"Hal itu yang harus kita jaga. Kalau jujur dari USBN, UN, maka hal itu akan menjadi pendidikan karakter yang luar biasa," tuturnya. (Ant)