Jumat, 23 Juni 2017

AS- Jepang unjuk kekuatan ke Korea Utara

id Jepang, Amerika Serikat, Rudal Korea Utara
AS- Jepang unjuk kekuatan ke Korea Utara
Parade AL Jepang di tahun 2012 (youtube)
Tokyo (Reuters/ANTARA LAMPUNG) - Angkatan Laut Jepang merencanakan suatu latihan gabungan unjuk kekuatan dengan gugus kapal induk AS Carl Vinson yang sedang berlayar menuju semenanjung Korea dengan tujuan mencegah usaha terselubung Korea Utara melakukan kembali uji peluncuran rudal, kata dua sumber Reuters.
 
Dengan ketegangan yang tercatat meningkat, semenanjung Korea sangat rawan terjadi bentrokan militer sejak Pyongyang melakukan uji coba nuklir pertama pada 2006, kata media negara berpengaruh China, Rabu.
 
Korea Utara seharusnya menghentikan setiap uji coba nuklir dan rudal untuk keamanannya sendiri, kata Global Times dalam tajuknya.
 
Meski secara luas dibaca di China dan dikendalikan Partai Komunis China, Global Times tidak mempresentasikan kebijakan pemerintah setempat.
 
Ketegangan meningkat tajam di semanjung Korea terkait kekhwatiran Korea Utara secara tiba-tiba segera menggelar uji coba nuklir keenam atau peluncuran rudal, sementara Presiden Donald Trump telah mengancam akan memberikan tindakan secara sepihak untuk memecahkan masalah itu.
 
Presiden Trump telah mendesak China untuk menggunakan lebih banyak upayanya mengendalikan sekutu dan negara tetangganya, dan AS akan memecahkan masalah itu dengan atau tanpa bantuan Beijing.
 

Terkait pengembangan cepat rudal balistik Korut, AL Jepang berencana akan menggelar latihan bersama dengan gugus armada Carl Vinson. 

Reuters/ANTARA LAMPUNG

Editor: Hisar Sitanggang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0103 seconds memory usage: 0.35 MB