Selasa, 17 Oktober 2017

Harga Getah Karet di Mesuji Turun

id Harga Getah Karet di Mesuji Turun, Harga Karet Turun, Harga Karet di Mesuji
Harga Getah Karet di Mesuji Turun
Lapak karet di Mesuji, Selasa (11/4), sepi karena harga getah karet turun. (FOTO: ANTARA Lampung/Raharja)
Mesuji, Lampung (ANTARA Lampung) - Harga getah karet di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, mengalami penurunan dari semula Rp11.000 per kilogram menjadi Rp5.000 hingga Rp6.000 per kilogram saat ini.

"Harga karet saat ini sudah jauh turun dari sebelumnya," kata seorang penampung karet di Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, Rudi, di Mesuji, Selasa (11/4).

Pada minggu sebelumnya, harga karet di Mesuji sudah turun menjadi Rp11.000 per kilogram, dan minggu ini mengalami penurunaan lagi hingga Rp5.000 hingga Rp6.000 per kilogram.

"Kalau kami menentukan harga karet ini menyesuaikan dengan harga jual di pabriknya. Jika harga di pabrik turun maka mau tidak mau kami juga harus menurunkannya. Siapa berani mengambil harga lebih mahal sementara kami jual murah," katanya.

Seorang penampung karet di Kecamatan Pancajaya, Kusirandi, mengatakan di kampungnya ia hanya berani mengambil getah karet dengan harga Rp5.000 hingga Rp5.500 per kilogram.

Dia mengaku menjual karet itu ke penampung di Mesuji dan hanya menjualnya Rp6.000 per kilogram.

Penurunan harga karet tidak hanya membuat petani karet mengeluhkannya. Namun sejumlah penampung karet juga mengeluhkannya karena mereka hanya mendapatkan keuntungan tipis.

"Kami berharap harga karet bisa mencapai Rp15 ribu sampai dengan Rp20 ribu per kilogram," katanya.

Ia mengatakan berdasarkan informasi dari penampung di Kabupaten Mesuji, harga karet turun karena stok di pabrik masih banyak.

"Sehingga tidak bisa menampung dulu. Makanya harganya turun," katanya.

Beberapa petani karet di Kecamatan Way Serdang, Mesuji, menyatakan hanya bisa pasrah dan mengharapkan pemerintah bisa memperjuangkan kenaikan harga getah karet agar bisa lebih mahal.

Petani setempat menyatakan hanya berharap pemerintah bisa memperjuangkan kenaikan harga karet, minimal sama harga per kilogram dengan harga gula pasir saat ini.

Editor: Budisantoso Budiman

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0078 seconds memory usage: 0.46 MB