BMKG Lampung Ingatkan Waspadai Hujan Lebat

id ilustrasi hujan-lebat, bmkg, hujan

BMKG Lampung Ingatkan Waspadai Hujan Lebat

Ilustrasi hujan lebat (FOTO:ANTARA Lampung/Ist)

Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyampaikan peringatan untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi pada sejumlah wilayah di Provinsi Lampung pada Jumat hingga Sabtu (8/4) pagi.

Menurut BMKG, seperti disampaikan petugas Forecaster on Duty Stasiun Meteorologi Radin Inten II, di Branti, Lampung, Jumat, peringatan kewaspadaan berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang itu diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Mesuji, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Lampung Tengah, Tanggamus, dan Pesawaran pada sore dan malam hari.

Apabila terjadi perubahan cuaca yang signifikan akan diupdate dan diinformasikan melalui peringatan dini cuaca ekstrem dan media sosial, kata petugas tersebut.

Prakiraan cuaca umum Provinsi Lampung berlaku 7 April pukul 07.00 WIB hingga 8 April 2017 pukul 07.00 WIB, menunjukkan angin secara umum bertiup dari arah barat daya hingga barat laut dengan kecepatan antara 5-20 knot (9-37 km/jam). Jarak pandang berkisar antara 5-10 km.

Suhu udara secara umum berkisar antara 24-33 derajat Celsius, kecuali Lampung bagian barat (Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) suhu udara berkisar antara 18-30 derajat Celsius.

Kelembaban udara secara umum berkisar antara 55-94 persen, kecuali Lampung bagian barat (Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) kelembaban udara berkisar antara 67-98 persen.

Secara umum wilayah Lampung diprakirakan pagi hari sebagian besar berawan.

Siang hari berpotensi hujan ringan-sedang di wilayah Kabupaten Way kanan, Lampung Utara, Pringsewu, Tanggamus, dan Pesawaran.

Sore hari berpotensi hujan ringan-sedang di wilayah Kabupaten Mesuji, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Lampung Timur, Kota Metro, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Selatan, Kota Bandarlampung, Kabupaten Tanggamus, Pringsewu, dan Pesawaran.

Malam hari berpotensi hujan ringan-sedang di wilayah Kabupaten Mesuji, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Way Kanan, Lampung Utara, Lampung Tengah, Lampung Timur, Kota Metro, Kabupaten Pesisir Barat, dan Lampung Barat.  (Ant)