TMMD Bangkitkan Semangat Gotong-royong di Waykanan

id bupati wakya dan tmmd, raden adipati surya

TMMD Bangkitkan Semangat Gotong-royong di Waykanan

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya membuka acara Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 98 di Kamapung Jukuh Batu Kecamatan Banjit, Waykanan, Rabu (5/4). (FOTO:ANTARA Lampung/Emir FS)

Waykanan, Lampung (ANTARA Lampung) - Bupati Waykanan, Provinsi Lampung, Raden Adipati Surya, mengatakan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-98 di Kampung Jukuhbatu dapat membangkitkan kembali semangan masyarakat untuk bergotong-royong.

"Kegiatan itu bertujuan untuk membangun kampung seperti perbaikan jembatan, jalan, sekolah, dan sarana lainnya demi kepentingan masyarakat banyak dan melibatkan masyarakat untuk pula berpartisipasi," kata dia di Waykanan, Kamis (6/4).

Adipati yang membuka TMMD tersebut, Rabu (5/4), menjelaskan TMMD merupakan kegiatan pembangunan yang efektif dan langusng dirasakan oleh masyarakat.

Apalagi, setelah 63 tahun menunggu akhirnya masyarakat dapat merasakan adanya pelebaran dan perbaikan jembatan penghubung antara Kampung Rantautemiang dan Jukuhbatu, Kecamatan Banjit, yang hanya berjarak tiga kilometer itu.

Selain itu, dengan adanya perbaikan jembatan dan pelebaran jalan, masyarakat saat ini tidak perlu jalan memutar jika ingin menuju ke Kampung Rantautemiang dari Jukuhbatu dan sebaliknya, karena cukup menggunakan jembatan yang akan diperbaiki.

"Masyarakat bisa langsung merasakan, bila masyarakat senang, saya pun ikut senang dan semua yang mengerjakan mendapatkan pahala dari Allah SWT," kata Adipati.

Ia itu menjelaskan TMMD merupakan salah satu kegiatan pembangunan yang strategis dan efektif. Hal itu dapat dilihat dari sisi pembangunan ekonomi, pertahanan keamanan, peningkatan rasa cinta Tanah Air, serta menjaga keutuhan NKRI.

Pelaksanaan TMMD Ke-98 Tahun 2017, kata dia, bermakna membangun kembali budaya gotong-royong dan kebersamaan anak bangsa yang belakangan ini tampak semakin menipis.

"Menipisnya rasa kebersamaan dan budaya gotong-royong sangat kita rasakan pada era global ini. Membangun semangat anak muda itu merupakan suatu pekerjaan rumah yang harus menjadi perhatian bersama," kata dia.

Adipati mengatakan TMMD mempunyai arti dan peran strategis, yaitu untuk membangkitkan kembali kebersamaan, gotong-royong, serta nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur bangsa.

Dengan kembalinya semangat kebersamaan, gotong-royong serta nilai-nilai luhur bangsa, maka akan lahir rasa senasib seperjuangan dan pada gilirannya akan mewujudkan kesejahteraan, keamanan, dan ketenteraman yang akan mendorong meningkatnya persatuan dan kesatuan bangsa.

Oleh Karena itu, Adipati yang juga mantan Ketua DPRD dan Hipmi Waykanan itu, mengharapkan kerja sama dan dukungan semua masyarakat untuk membulatkan tekad meningkatkan kualitas pengabdian kepada daerah dalam kapasitas masing-masing, melalui kebersamaan guna mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat, serta kemajuan di segala bidang kehidupan.   (Ant)