Desa Sukorahayu Lampung Timur Makin Maju

id Desa Sukorahayu Lampung Timur, Dana Desa Lampung Timur, Desa Sukorahayu Lampung, Lampung Timur

Desa Sukorahayu Lampung Timur Makin Maju

Kepala Desa Sukorahyu Kasbullah menyerahkan hadiah sepeda kepada warganya dalam perayaan hari jadi ke-17 Desa Sukorahayu, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, Kamis (30/3).(Foto: ANTARA Lampung/Muklasin)

Sukorahayu, Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Kepala Desa Sukorahayu di Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, Lampung menyatakan banyak kemajuan yang sudah diraih desa ini sehingga makin maju dan sejahtera.

Menurut Kepala Desa Sukorahayu Kasbullah, di desanya, Kamis (30/3), sejak mulai menjabat tahun 1997 dan dilanjutkan periode kedua ini, berbagai program pembangunan telah dijalankan di Desa Sukorahayu.

Program pembangunan itu, antara lain melalui program pemerintah daerah lewat alokasi dana desa (ADD), Gerbang Indah, dan program pemerintah pusat dengan penyaluran dana desa (DD) serta bantuan pemerintah pusat lainnya, seperti Program Listrik Desa (Lisdes) tahun 2014 sebanyak 168 tiang.

Begitupula program bantuan pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 3,5 kilometer dari Kementerian PUPR, dan Program Seribu Kampung Nelayan Tangguh Indah dan Mandiri (Sekaya Maritim) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dilaksanakan di Desa Sukorahayu.

"Banyak kemajuan dicapai dan pada ulang tahun hari ini, desa kami diharapkan bisa lebih maju lagi," katanya pula.

Ia menjelaskan 30 Maret 2010 merupakan tanggal pengakuan secara definitif Desa Sukorahayu oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Timur (dulu Kabupaten Lampung Tengah) semenjak dimekarkan dari induknya, Desa Karang Anyar pada tahun 1997.

"Setiap tahun tanggal 30 Maret selalu kami peringati ulang tahun Desa Sukorahayu seperti hari ini, untuk mengenang hari berdiri Desa Sukorahayu," kata Kasbullah lagi.

Warga Desa Sukorahayu pada hari jadi ke-17 tahun ini, kata Kasbullah lagi, menggelar berbagai acara di antaranya jalan sehat yang pesertanya adalah warga desanya dan siswa sekolah setempat.

Acara berlanjut dengan bagi-bagi hadiah bagi peserta jalan sehat yang mendapatkan kupon berhadiah.

"Kupon diundi, dan berbagai hadiah kami berikan kepada warga, berupa peralatan rumah tangga, baju, kaos dan berbagai hadiah lainya. Hadiah terbesar berupa satu sepeda BMX kecil," kata dia lagi.

Acara lainnya adalah hiburan organ tunggal, lomba gaple pada malam harinya, dan selamatan desa dengan potong tumpeng pada hari berikutnya.