Angin Puting Beliung Rusak Belasan Rumah

id angin puting beliung, lampung timur, cuaca ekstrim, rumah korban puting beliung

Angin Puting Beliung Rusak Belasan Rumah

Ilustrasi Salah satu rumah yang rusak akibat Bencana Angin Puting Beliung yang melanda Selasa (14/3) sore di Kecamatan Labuhanratu, Kabupaten Lampung Timur. (Foto tim Tagana Lampung Timur)

...akibat terjangan angin puting beliung itu lima rumah warga desa setempat rusak berat dan 13 rumah lainnya rusak ringan, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini...
Waybungur, Lampung Timur  (ANTARA Lampung) - Angin puting beliung merusak belasan rumah warga di Desa Tanjungkencono, Kecamatan Waybungur, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, Senin (27/3) petang.

Menurut Akhmad Badrodin, anggota Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) Lampung Timur Wilayah Sukadana saat dihubungi di Lampung Timur, Selasa, angin puting beliung itu telah menerjang dan merusak belasan rumah warga setempat.

"Hujan lebat Senin petang disertai angin puting beliung yang merusak belasan rumah di Desa Tanjungkencono," katanya lagi.

Dia menyebutkan, akibat terjangan angin puting beliung itu lima rumah warga desa setempat rusak berat dan 13 rumah lainnya rusak ringan, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Selain rumah, sejumlah kandang ayam dan kandang sapi milik warga juga turut rusak. "Rusak karena tertimpa pohon bambu," ujar dia lagi.

Dia mengaku saat dihubungi tengah berada di lokasi untuk membantu warga bersama pihak Koramil dan unsur pemuda Muhammadiyah setempat.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyampaikan peringatan untuk mewaspadai hujan disertai angin kencang diperkirakan terjadi pada sejumlah wilayah di Provinsi Lampung pada Senin (27/3) hingga Selasa (28/3) pagi.

Menurut BMKG, seperti disampaikan petugas Forecaster on Duty Stasiun Meteorologi Radin Inten II, di Branti, Lampung, Senin, kewaspadaan potensi hujan disertai angin kencang pada malam hari itu, diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Lampung Selatan, Kota Bandarlampung, Kabupaten Pesawaran, Tanggamus, Pringsewu, Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Kota Metro.

Secara umum wilayah Lampung diprakirakan pagi hari berpotensi hujan di wilayah Kabupaten Lampung Barat, Way Kanan, Lampung Utara, Mesuji, Tulangbawang Barat, Lampung Tengah, dan Lampung Timur.

Siang hari berpotensi hujan di wilayah Kabupaten Lampung Barat, Way Kanan, Lampung Utara, Tulangbawang Barat, Lampung Tengah, Kota Metro, dan Kabupaten Lampung Timur.

Malam hari berpotensi hujan di wilayah Kota Bandarlampung, Lampung Selatan, Pesawaran, Tanggamus, Pringsewu, Lampung Barat, Way Kanan, Lampung Utara, Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat, Lampung Tengah, Kota Metro, Lampung Timur, dan Pesisir Barat.(Ant)