Modal Koperasi Saptawa Naik Rp13,1 Miliar

id unidia koperasi saptawa

Modal Koperasi Saptawa Naik Rp13,1 Miliar

Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Harun Al Rasyid melakukan pengundian hadiah bagi anggota Koperasi Saptawa Provinsi Lampung. (Foto: ANTARA Lampung/dok.H-momen)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Modal Koperasi Pegawai Republik Indonesia Saptawa naik dari Rp12,9 miliar tahun 2015 menjadi Rp13,1 miliar pada 2016.

"Sementara aset KPRI Saptawa meningkat dari Rp28,3 miliar pada 2015 menjadi Rp30,8 miliar tahun 2016," kata Wakil Ketua Pengurus KPRI Saptawa Pemerintah Provinsi Lampung Gunawan Riadi, pada Rapat Anggota Tahunan KPRI Saptawa, di Bandarlampung, Kamis (23/3).

Ia menyebutkan, berdasarkan laporan pengurus, bahwa Koperasi Saptawa mampu memberikan kontribusi dan andil yang cukup besar terhadap PNS, khususnya di bidang simpan pinjam dan pengadaan kapling tanah.

Pada akhir tahun buku 2015, lanjutnya, KPRI Saptawa telah dapat menyelesaikan atau melunasi semua pinjaman dari bank.

Di sisi lain, menurutnya, RAT KPRI Saptawa merupakan forum diskusi untuk mengevaluasi tingkat keberhasilan koperasi pada tahun buku 2016.

Selain itu, lanjutnya, pengurus koperasi terutama pengurus terpilih masa bhakti 2017-2019 dapat melaksanakan amanah ini sebaik-baiknya. Koperasi Saptawa diharapkan makin berkembang dengan membuka berbagai kesempatan baru.

Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Harun Al Rasyid, mengatakan acara yang diselenggarakan rutin setiap tahun ini, merupakan rapat pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi.

"Rapat ini sebagai wahana melaksanakan praktik berdemokrasi dalam tubuh koperasi, sekaligus sebagai perwujudan dan jati diri koperasi, yakni `dari, oleh, dan untuk anggota," terang Harun.

Ia menambahkan, anggota Koperasi Saptawa adalah PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. Pola pembinaannya melekat secara langsung sehingga Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya melakukan pengawasan dan pembinaan secara intensif, serta ikut bertanggungjawab atas maju mundurnya perkembangan koperasi ini.

Sebelumnya, sebanyak 15 anggota Koperasi Saptawa mendapatkan hadiah umrah pada undian koperasi tersebut.(Ant)