Dinkes Sosialisasi Pemeriksaan Kesehatan Calon Jamaah Haji

id kepala dinas kesehatan kota bandarlampung, dr edwin rusli

Dinkes Sosialisasi Pemeriksaan Kesehatan Calon Jamaah Haji

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandarlampung, dr Edwin Rusli (FOTO:ANTARA Lampung/Ist)

...Ini merupakan program Kementrian Kesehatan agar calon jamaah haji bisa paham tentang kesehatan dirinya terlebih cuaca di sana sangat berbeda dengan di negara kita, kata dr Edwin...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung menggelar sosialisasi pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji untuk rutin melakukan pemeriksaan terutama enam bulan sebelum berangkat.

"Ini merupakan program Kementrian Kesehatan agar calon jamaah haji bisa paham tentang kesehatan dirinya terlebih cuaca di sana sangat berbeda dengan di negara kita," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandarlampung, dr Edwin Rusli di Bandarlampung, Kamis.

Dia mengatakan bahwa ini sebagai bentuk pencegahan penyakit yang bisa saja menerpa calon jamaah haji saat sedang beribadah.

Pada hari ini pun, Dinkes juga melakukan pemeriksaan pada calon jamaah haji dengan melakukan pengecekan tensi darah usai berlari mengelilingi Stadion Pahoman.

"Kita ingin jamaah asal Kota Bandarlampung yang berjumlah 200 orang, sehat semua dalam melaksanakan ibadah," kata dia.

Ia mengatakan, banyak calon jamaah haji yang baru melakukan pemeriksaan kesehatan saat akan berangkat.

Menurut dia, idealnya pemeriksaan kesehatan adalah enam bulan sebelum keberangkatan. Karena itu pihaknya menggelar sosialisasi ini.

"Seharusnya calon jamaah haji rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, jangan saat akan berangkat baru diperiksa," kata dia.

Jika rutin melakukan pemeriksaan, petugas medis yang mendampingi bisa mengetahui riwayat kesehatannya dan juga bisa melakukan tindakan awal jika terserang penyakit.

Namun, harapannya para calon jamaah haji asal Kota Bandarlampung khususnya dalam keadaan sehat, saat berangkat maupun pulang.  (Ant)