Unila Mewisuda 943 Orang

id rektor unila hasriadi

Unila Mewisuda 943 Orang

Rektor Universitas Lampyung (Unila) Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P (Istimewa)

...Mahasiswan yang lulus hari ini harus bisa merefleksikan kualitas kampus yang menjadi tempat mereka menimba ilmu, kata Hasriadi...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Universitas Lampung (Unila) mewisuda sebanyak 943 orang pada periode keempat tahun akademi 2016/2017 di Gedung Serbaguna Unila, Rabu.

"Mahasiswan yang lulus hari ini harus bisa merefleksikan kualitas kampus yang menjadi tempat mereka menimba ilmu," kata Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P. di Bandarlampung, Rabu (22/3).

Rektor menyebutkan 149 orang di antara 943 wisudawan/wisudawati adalah lulusan program magister.

Ia berharap mereka bisa menunjukkan kualitas ilmunya, lalu mampu bersaing dalam dunia kerja dan mampu memanfaatkan teknologi serta informasi pada saat ini.

"Unila yang telah terakreditas A, lulusannya harus bisa menyesuaikan dengan hal itu," katanya.

Pada saat ini, kata dia, banyak lulusan SMA yang tidak melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Oleh sebab itu, jumlah wisudawan/wisudawati masih dianggap sedikit.

Hal itu, lanjut dia, karena yang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi hanya 27 persen, dan sisanya 73 persen tidak melanjutkan ke jenjang perguran tinggi.

Dari data tersebut bisa diketahui bahwa angka partisipasi kasar (APK) yang mengenyam pendidikan di jenjang perguruan tinggi di Lampung rendah.

"Di Lampung banyak lulusan SMA tidak melanjut ke perguruan tinggi," katanya lagi.

Sejumlah faktor penyebab hal itu ialah kondisi ekonomi yang tidak stabil, lalu tidak sebandingnya jumlah perguruan tinggi di Indonesia dengan rasio kelulusan.

Untuk meningkatkan hal itu agar jumlah sarjana ikut melonjak ialah dibukanya program studi baru agar daya tampung Unila bisa lebih tinggi.

Selain itu, juga memberikan peluang beasiswa, baik dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti), pemprov, pemkot, dan pemkab di Lampung.

"Beasiswa ini diadakan guna mengurangi beban finansial calon mahasiswa," katanya.

Rektor berharap pada tahun ini akan banyak calon mahasiswa yang mendaftar. Dengan begitu, jumlah sarjana dengan beragam ilmu akan meningkat.  (Ant)