Pembangunan Sektor Pertanian Lampung Cukup Baik

id hamartoni ahadis, asisten bidang umum, setprov lampung

Pembangunan Sektor Pertanian Lampung Cukup Baik

Asisten Bidang Administrasi Umum Setprov Lampung Hamartoni Ahadis (FOTO: ANTARA Lampung/istimewa)

...Bila dilihat dari indikator tingkat pendapatan melalui NTP (Nilai Tukar Petani), kinerja pertanian Lampung cukup baik pada periode tersebut, kata Hamartoni...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Pembangunan sektor pertanian Provinsi Lampung pada Febuari 2017, menunjukkan kinerja cukup baik, dilihat dari indikator pendapatan melalui nilai tukar petani sebesar 104,19 persen tertinggi di Sumatera dan nasional.

"Bila dilihat dari indikator tingkat pendapatan melalui NTP (Nilai Tukar Petani), kinerja pertanian Lampung cukup baik pada periode tersebut," kata Asisten Bidang Administrasi Umum, Setprov Lampung, Hamartoni Ahadis, di Bandarlampung, Rabu.

Ia menyebutkan, bahwa Provinsi Lampung terus berupaya untuk terus mendorong peningkatan produksi, mutu dan daya saing produk pertanian tanaman pangan dan hortikultura.

Menurutnya, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Provinsi Lampung 2005-2025 telah diamanatkan bahwa harus mewujudkan kemandirian produksi pangan.

Ia menjelaskan sumbangan sektor pertanian terhadap produk domestik regional bruto Lampung 2016 berdasarkan data Badan Pusat Statistik Lampung adalah sebesar 31,45 persen.

Selain itu, sektor pertanian masih merupakan lapangan pekerjaan utama bagi sebagian besar penduduk Lampung, yaitu 48,8 persen dari total penduduk Provinsi Lampung sebesar 8.177.191 jiwa.

"Dengan demikian, membangun dan mengembangkan pertanian tanaman pangan dan hortikultura merupakan prioritas bagi Provinsi Lampung," ujarnya lagi.

Hamartoni menjelaskan, perencanaan pembangunan tanaman pangan dan hortikultura Provinsi Lampung pada 2018 harus konkret sebagai upaya mewujudkan Lampung sebagai salah satu lumbung pangan dan agribisnis.

"Keberhasilan pembangunan tanaman pangan dan hortikultura akan berdampak langsung terhadap perekonomian sebagian besar masyarakat Lampung," jelasnya.

Di sisi lain, pertumbuhan ekonomi Lampung berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional, pada 2016 sebesar 5,15 persen dan Lampung tertinggi Se-Sumatera periode 2014-2016. (Ant)