BMKG Lampung: Waspadai Hujan Lebat dan Petir

id ilustrasi hujan, bmkg lampung, logo bmkg

BMKG Lampung: Waspadai Hujan Lebat dan Petir

Ilustrasi hujan lebat (ist)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyampaikan peringatan untuk mewaspadai terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir di wilayah Provinsi Lampung pada Selasa hingga Rabu (22/3) pagi.

Menurut BMKG, seperti disampaikan petugas Forecaster on Duty Stasiun Meteorologi Radin Inten II Lampung, di Branti, Selasa, kewaspadaan potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir itu diperkirakan terjadi di Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, dan Tanggamus pada malam hari.

Apabila terjadi perubahan cuaca yang signifikan akan diupdate dan diinformasikan melalui peringatan dini cuaca ekstrem dan media sosial, kata petugas tersebut.

Prakiraan cuaca umum Provinsi Lampung berlaku 21 Maret 2017 pukul 07.00 WIB sd 22 Maret 2017 pukul 07.00 WIB, menunjukkan angin secara umum bertiup dari arah barat laut hingga tenggara dengan kecepatan antara 5-20 knot (9-37 km/jam). Jarak pandang berkisar antara 5-10 km.

Suhu udara secara umum berkisar antara 24-32 derajat Celsius, kecuali Lampung bagian barat (Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) suhu udara berkisar antara 17-29 derajat Celsius.

Kelembaban udara secara umum berkisar antara 62-98 persen, kecuali Lampung bagian barat (Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) kelembaban udara berkisar antara 68-98 persen.

Secara umum wilayah Lampung diprakirakan pada pagi hari berpotensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Lampung Selatan, Tulangbawang, dan Lampung Timur.

Siang hari berpotensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Way Kanan, Tulangbawang, Lampung Tengah, dan Lampung Timur.

Sore hari berpotensi hujan ringan-sedang di wilayah Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Lampung Barat, Way Kanan, Lampung Utara, Pesisir Barat, Lampung Tengah, Lampung Timur, Kota Metro, Kabupaten Tulangbawang, Mesuji, dan Tulangbawang Barat.

Malam hari berpotensi hujan ringan-lebat di wilayah Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, Tanggamus, Lampung Timur, dan Pesisir Barat. (Ant)