Flu burung juga serang peternakan unggas AS

id flu burung, unggas

Flu burung juga serang peternakan unggas AS

Dokumentasi/Petugas memusnahkan ternak bebek yang positif tertular flu burung di Kabupaten Mesuji. (FOTO ANTARA LAMPUNG)

Washington (Antara/Xinhua-OANA) - Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) telah mengkonfirmasi keberadaan virus influenza unggas H7 (HPAI), yang sangat patogen, di tempat pengembang-biakan ayam komersial di Tennessee.
        
Akibatnya ialah 73.500 unggas akan dimusnahkan di peternakan di Kabupaten Lincoln di negara bagian itu guna mencegah penyebaran penyakit tersebut, kata USDS pada Senin (6/3).
        
"Ini adalah kasus pertama HPAI yang dikonfirmasi pada unggas komersial di Amerika Serikat tahun ini," kata USDA di dalam satu pernyataan, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa pagi. "Unggas dari peternakan tersebut takkan memasuki sistem makanan."
   
Sebelum kasus HPAI itu, kebanyakan pendeteksian di AS belakangan ini ditemukan pada Januari 2016 di satu peternakan kalkun komersial di Indiana, Departemen Pertanian Tennessee.
        
Tyson Foods, yang mengontrak peternakan Tennessee, mengatakan semua ternak yang berada dalam radius 9,7 kilometer persegi akan diperiksa dan takkan diangkut kecuali hasil pemeriksaan negatif untuk virus tersebut.
        
"Berdasarkan lingkup terbatas yang kami ketahui saat ini, kami berharap tak ada gangguan pada usaha unggas kami dan rencana untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami," kata perusahaan tersebut di dalam satu pernyataan.