Pilot jet tempur Suriah belum ditemukan

id Perang Irak dan Suriah, jet Suriah

Pilot jet tempur Suriah belum ditemukan

Tentara Suriah membentuk pos jaga di desa Sakan al-Shababi bagian timur Aleppo, setelah merebutnya dari militan pada 2 Desember 2016 (AFP/presstv.ir)

Damaskus (Antara/Xinhua-OANA) - Komunikasi dengan jet tempur Suriah terputus saat pesawat tersebut melaksanakan misi pengintaian di dekat perbatasan Turki pada Sabtu (4/3), demikian laporan stasiun televisi negara.
        
Laporan itu mengatakan pencarian pilot pesawat tersebut dilancarkan, tapi tak ada perincian lebih lanjut.
        
Sementara itu, gerakan Ahrar Ash-Sham --yang didukung Turki-- sebagaimana dilaporan Xinhua, mengatakan gerilyawannya menembak-jatuh satu MiG-21 Suriah di pinggir utara Idlib di dekat perbatasan Turki.
        
Satu rekaman video yang disiarkan di Internet juga menunjukkan pesawat tempur tersebut ditembak oleh anggota Ahrar Ash-Sham.
        
Beberapa pegiat mengatakan bahwa setelah ditembak, pesawat tempur itu terus terbang ke arah perbatasan Suriah-Turki. Ditambahkannya, pesawat tersebut mungkin telah jatuh di Pegunungan Turkmen di Provinsi Latakia, Suriah.
        
Namun, Perdana Menteri Turki Binali Yildirim sebelumnya mengatakan satu jet militer Suriah telah jatuh di dekat perbatasan Suriah-Turki.
        
"Ada keterangan bahwa satu pesawat jenis MiG yang diperkirakan milik Pemerintah Suriah jatuh di Hatau (Provinsi di suriah Selatan)," katanya. Ia menyatakan pilot pesawat tersebut dilaporkan telah melompat dari pesawat itu, dan upaya pencarian sedang dilakukukan.

Antara/Xinhua