Pemprov Lampung Gencar Konsultasi Publik Pembangunan Tol

id adeham dan progres tol, Ketua Tim Percepatan Jalan Tol, Adeham

Pemprov Lampung Gencar Konsultasi Publik Pembangunan Tol

Ketua Tim Percepatan Jalan Tol, Adeham (FOTO:ANTARA Lampung/Ist)

...Hampir tiap pekan tim percepatan pembangunan JTTS, melakukan konsultasi publik kepada masyarakat yang dilintasi jalan bebas hambatan tersebut, kata Adeham...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung gencar melakukan konsultasi publik terkait pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), Lampung ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 100 kilometer di wilayah itu.

"Hampir tiap pekan tim percepatan pembangunan JTTS, melakukan konsultasi publik kepada masyarakat yang dilintasi jalan bebas hambatan tersebut," kata Ketua Tim Percepatan Pembangunan JTTS Lampung Adeham, di Bandarlampung Selasa.

Ia mengatakan bahwa konsultasi publik kepada masyarakat Lampung yang terkena pembangunan JTTS tahap kedua ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang STA 40+000 sampai dengan STA 112+185.

Menurutnya pembangunan JTTS ruas Bakauheni, Lampung Selatan hingga Pematang Panggang Mesuji sekitar 240 km, yang merupakan jaringan dari Jalan Tol Sumatera tersebut terus dikebut.

Pihaknya beberapa pekan lalu telah melakukan konsultasi publik di antaranya di Kantor Camat Lumbu Kibang Kabupaten Tulangbawang Barat dan Balai Desa Agung Jaya Kecamatan Way Kenangan Kabupaten Tulangbawang Barat.

Selanjutnya, konsultasi publik di Desa Agung Batin Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji, Lampung.

Pihaknya saat ini fokus untuk dapat menyelesaikan target pembebasan lahan untuk pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada pertengahan Maret 2017.

Karena itu, lanjutnya harus dilakukan konsultasi publik kepada masyarakat terkait pembangunan JTTS di Lampung.

Ia mengatakan Pemprov Lampung terus melakukan pendekatan dan koordinasi kepada semua pihak termasuk perusahaan dan masyarakat yang memiliki tanah yang dilintasi jalan tol.

Jalan tol Trans Sumatera tahap pertama ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,41 Kilometer yang sedang dalam tahap pembangunan dan rutenya dimulai dari Pelabuhan Bakauheni (Lampung Selatan) hingga Terbanggi Besar (Lampung Tengah).

Pembangunan jalan tol tahap kedua ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang sekitar 100 km, tengah dilakukan pembebasan lahan.

Pembangunan jalan tol itu merupakan jaringan dari Jalan Trans-Sumatera. Peletakan batu pertama pembangunan jalan tol ini dilakukan pada 30 April 2015 oleh Presiden Joko Widodo.

Pembangunan ruas tol ini dilakukan oleh konsorsium BUMN, yakni PT Hutama Karya (Persero), PT Pembangunan Perumahan (PP), PT Waskita Karya, PT Wijaya Karya, serta PT Adhi Karya melalui skema penugasan. (ANt)