Pasukan Kurdi masuki wilayah Deir Az-Zour Suriah

id Perang Irak dan Suriah, militer Kurdi

Pasukan Kurdi masuki wilayah Deir Az-Zour Suriah

File/Latihan petempur Kurdi dari Kelompok Perlindungan Rakyat (YPG) di Pusat Pelatihan Militer Ras a-Ain, 30 Januari 2015 (Reuters/Rodi Said)

Damaskus (Antara/Xinhua-OANA) - Pasukan Demokratik Suriah (SDF), pimpinan suku Kurdi, memasuki Provinsi Deir Az-Zour di Suriah Timur untuk pertama kali pada Selasa (21/2) untuk memerangi kelompok militan, demikian laporan stasiun televisi yang didanai Arab Saudi, Al-Arabiya.
        
Belum ada penjelasan mengenai serangan mendadak terhadap posisi militan di Deir Az-Zour, yang kaya akan minyak, tapi beberapa laporan mengatakan SDF berhasil menguasai Desa Fatasheh, Master dan Kassar, di dalam perbatasan administratif Deir Az-Zour.
        
Satu sumber Kurdi mengatakan kepada Al-Arabiya, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu pagi, SDF memasuki Deir Az-Zour dalam satu operasi yang didukung oleh Amerika Serikat.
        
Petempur SDF selama berbulan-bulan membuat kemajuan melawan kelompok IS di pinggiran Provinsi Ar-Raqqa di Suriah Utara, Ibu Kota de Fakto kelompok yang dimasukkan ke dalam daftar teror itu.
        
Tujuan pertempuran di pinggiran Ar-Raqqa tersebut ialah untuk mengucilkan Kota Ar-Raqqa dari pinggir wilayah itu untuk membuat lemah posisi militan. 

Penerjemah : Chaidar