Sekdaprov : Jalan Ryacudu Dijadikan Akses Tol

id sekda sutono dan hut pom, hut pom, sekdaprov lampung, sutono

Sekdaprov : Jalan Ryacudu Dijadikan Akses Tol

Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Samuel/istimewa)

...Jalur lintas pintu ke arah tol itu diharapkan masyarakat Lampung dapat lebih mudah mengakses menuju pintu tol Trans Sumatera untuk kepentingan sosial maupun mobilitas ekonomi masyarakat, kata Sutono...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono mengatakan pihaknya siap melepas Jalan Terusan Ryacudu untuk dibangun menjadi akses menuju atau keluar pintu tol Trans Sumatera.

"Jalur lintas pintu ke arah tol itu diharapkan masyarakat Lampung dapat lebih mudah mengakses menuju pintu tol Trans Sumatera untuk kepentingan sosial maupun mobilitas ekonomi masyarakat," kata dia, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan bahwa pembangunan jalan menuju pintu tol melewati ruas Jalan Terusan Ryacudu itu ke arah Jalan Soekarno--Hatta Bandarlampung.

Menurutnya, upaya tersebut sebagai komitmen pemrov untuk mendukung salah satu program prioritas nasional tentang infrastruktur jalan agar memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat khususnya di Lampung.

Sutono, menjelaskan Pemerintah Provinsi Lampung melalui satuan kerja perangkat daerah terkait siap bersinergitas dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Institut Teknologi Sumatera, untuk mulai melakukan proses alih status ruas Jalan Terusan Ryacudu dari jalan provinsi menjadi jalan nasional.

Sehingga, lanjutnya, pembangunan jalan dari dan menuju tol yang melalui ruas Jalan Ryacudu, jalur dua Korpri menuju Jalan Soekarno--Hatta Bandar Lampung segera terealisasi.

Perwakilan PT. HKJT Aulia Rahman menyatakan siap untuk bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Lampung mulai dari segi pendanaan pembangunan hingga proses alih status ruas Jalan Terusan Ryacudu.

Rektor Itera Ofyar Z Tamin menjelaskan, akses dari dan menuju pintu tol yang akan dibangun merupakan jalan strategis menuju Kota Baru dan Itera.

Sehingga, pembangunan akses tol tersebut tidak hanya berdampak peningkatan sosial ekonomis bagi warga masyarakat tetapi juga untuk mahasiswa Itera.

Jalan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni--Terbanggi Besar tahap pertama sepanjang 140,41 Kilometer yang sedang dalam tahap pembangunan dan rutenya dimulai dari Pelabuhan Bakauheni (Lampung Selatan) hingga Terbanggi Besar (Lampung Tengah).

Pembangunan jalan tol tahap kedua ruas Terbanggi Besar--Pematang Panggang sepanjang sekitar 100 km, masih dalam taraf pembebasan lahan.

Peletakan batu pertama pembangunan jalan tol ini dilakukan pada 30 April 2015 oleh Presiden Joko Widodo. Pembangunan ruas tol ini dilakukan oleh konsorsium BUMN, yakni PT Hutama Karya (Persero), PT Pembangunan Perumahan (PP), PT Waskita Karya, PT Wijaya Karya, serta PT Adhi Karya melalui skema penugasan. Pembangunan jalan tol ini direncanakan selesai sebelum Asean Games 2018.

Pemerintah Provinsi Lampung akan mempercepat pembangunan jalan tol Sumatera, dengan melakukan pembebasan lahan untuk pembangunan jalan yang terpentang dari Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan dan Tegineneng Kabupaten Pesawaran hingga Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah menuju Pematang Panggang. (Ant)