BMKG Lampung: Waspadai Banjir dan Longsor

id Banjir di Lampung, Banjir Lampung, Banjir Bandarlampung

BMKG Lampung: Waspadai Banjir dan Longsor

Rumah warga di Bandarlampung yang terendam banjir akibat hujan deras Senin (20/2) hingga Selasa dini hari. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui kantor Stasiun Meteorologi Radin Inten II Lampung mengingatkan semua pihak untuk mewaspadai potensi banjir, longsor, dan pohon tumbang yang diakibatkan oleh intensitas hujan sangat lebat disertai angin kencang.

Menurut rilis Infocuaca BMKG Lampung, di Bandarlampung, Selasa pagi, saat ini hujan deras dengan durasi yang lama berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Lampung.

Kewaspadaan terutama pada daerah yang berpotensi menjadi langganan banjir atau pernah terjadi banjir tahun sebelumnya di wilayah Provinsi Lampung (kota dan kabupaten) diminta untuk mewaspadainya.

Dalam beberapa hari ke depan atau 1-3 hari ke depan menurut BMKG Lampung itu, masih berpotensi terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Secara rinci prakiraan cuaca umum di Provinsi Lampung berlaku Selasa, 21 Februari 2017 pukul 07.00 WIB hingga Rabu, 22 Februari 2017 pukul 07.00 WIB, yaitu angin secara umum bertiup dari arah barat laut hingga timur laut dengan kecepatan antara 5-18 knot (9-35 km/jam), jarak pandang berkisar antara 3-8 km.

Suhu Udara secara umum berkisar antara 24-30 derajat Celsius, kecuali wilayah Kabupaten Lampung bagian barat (Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) suhu udara berkisar antara 17-28 derajat Celsius.

Kelembaban udara secara umum berkisar antara 68 hingga 98 persen, kecuali Lampung bagian barat (Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) kelembaban udara berkisar antara 72 hingga 98 persen.

Secara umum wilayah Lampung diprakirakan sebagai berikut, yaitu pagi hari diprakirakan hujan ringan-sedang di sebagian besar Lampung. Hujan sedang-lebat berpotensi di Lampung Barat, Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Tengah, dan Pesisir Barat.

Pada siang hari, diprakirakan hujan ringan-sedang di Lampung Barat, Pesisir Barat, Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran, Bandarlampung, Lampung Selatan, Lampung Timur, Metro, dan Lampung Tengah.

Sore hari, berpotensi hujan ringan-sedang di sebagian besar Lampung. Hujan sedang-lebat berpotensi di Bandarlampung, Lampung Selatan, Lampung Timur, Metro, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, dan Mesuji.

Malam hari, berpotensi hujan ringan-sedang di sebagian besar wilayah Lampung. Hujan sedang-lebat di Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat, Pesisir Barat, Tanggamus, Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Lampung Selatan.

Peringatan waspada potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir di wilayah Bandarlampung, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat, Pesisir Barat, Tanggamus, Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Lampung Selatan terutama pada sore dan malam hari.

"Apabila terjadi perubahan cuaca yang signifikan akan diupdate dan diinformasikan melalui peringatan dini cuaca ekstrem dan media sosial yang diperlukan," ujar salah satu petugas forecaster on duty kantor Stasiun Meteorologi Radin Inten II Lampung itu pula.

Pada Selasa pagi ini sebagian besar wilayah Lampung masih terpantau hujan, serta banyak laporan kejadian banjir di berbagai wilayah Lampung. Karena itu, diimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi banjir dan tanah longsor.

Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Kota Bandarlampung dan sekitarnya sejak Senin (20/2) sore dan malam hingga Selasa dini hari, mengakibatkan terjadi banjir di sejumlah daerah di Lampung.

Sejumlah wilayah di Kota Bandarlampung yang mengalami banjir, di antaranya Kelurahan Rajabasa Raya, Kelurahan Rajabasa Permai, Keluharan Keteguhan, Kecamatan Kedamaian, dan Kecamatan Telukbetung Timur, serta sejumlah wilayah sekitarnya.

Sejumlah perumahan dan jalan protokol juga mengalami banjir, namun genangan air cepat menyusut.

Banjir juga dialami sejumlah fasilitas umum lainnya, seperti di Rumah Sakit Urip Sumoharjo Bandarlampung hingga merendam ruangan bawah di dekat area parkir kendaraan.

Petugas pengamanan RS ini minta pemilik kendaraan untuk segera mengevakuasi kendaraan yang diparkir pada Selasa dini hari. Sejumlah petugas juga sibuk membersihkan ruangan bawah yang terendam air, sehingga sejumlah peralatan dan dokumen ikut terendam air.

Banjir bandang juga dilaporkan terjadi di sekitar Bagelen, Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran. Namun belum diperoleh rincian penjelasan dampak banjir maupun ada tidaknya korban akibat bencana alam ini.