Liverpool kalahkan Spurs 2-0

id sadio mane, liverpool

 Liverpool kalahkan Spurs 2-0

Sadio Mane (indianexpress.com)

         London, (Antara/Reuters) - Liverpool bangkit untuk kembali masuk ke empat besar berkat kemenangan 2-0 atas Tottenham Hotspur pada Sabtu, yang membuka pintu bagi Chelsea untuk mempererat cengkraman mereka dalam persaingan perebutan gelar Liga Inggris.   
   
        Dua gol dari Sadio Mane pada babak pertama menghantam harapan-harapan tim peringkat kedua Tottenham untuk memangkas keunggulan Chelsea menjadi enam angka, dan Si Biru akan unggul 12 angka dengan 13 pertandingan tersisa jika mereka menang di markas Burnley pada Minggu.

        Saat Chelsea terlihat tidak dapat dihentikan, pertempuran sesungguhnya ada di bawah mereka ketika hanya dua angka yang memisahkan Tottenham dan tim peringkat keenam Manchester United.

        Arsenal melupakan dua kekalahan di liga -- serta hari-hari terkait ketidak pastian mengenai manajer Arsene Wenger -- untuk menang 2-0 atas Hul City dan naik ke atas Manchester City, ke peringkat ketiga.   
 
        United tetap menghuni peringkat keenam setelah menang 2-0 atas Watford -- kemenangan yang bermakna mereka menjadi klub pertama yang mencapai 2.000 angka di Liga Inggris sejak dimulai pada 1992.

        Tim peringkat kelima Manchester City akan bermain melawan Bournemouth pada Senin, ketika kemenangan akan mendongkrak mereka ke peringkat kedua.

        Pada bagian lain klasemen, tim-tim terbawah menelan kekalahan di mana tim peringkat ke-20 Sunderland takluk 0-4 dari Southampton, yang mendapat sumbangan dua gol dari penyerang barunya Manolo Gabbiadini, dan tim peringkat ke-19 Crystal Palace takluk 0-1 di markas Stoke City.

       Liverpool belum meraih kemenangan di liga pada 2017 dan telah tersingkir dari kedua kompetisi piala domestik sepanjang mereka menjalani laju yang buruk, namun menemukan kembali irama permainannya untuk mengungguli Tottenham yang laju sembilan pertandingan tanpa kekalahannya di liga kini terhenti.

        Pemain asal Senegal Mane, yang absennya karena harus membela timnas di Piala Afrika berbarengan dengan keterpurukan Liverpool, mengemas gol pada menit ke-16 dan 18 dan semestinya mampu menggandakan catatan gol tersebut.

        Manajer Liverpool Juergen Klopp senang timnya dapat naik ke peringkat keempat, tertinggal satu angka dari dua klub London dan unggul selisih gol atas Manchester City.

        "Hari ini tekanan ada pada kami namun kami mampu mengatasinya," kata Klopp. "Kami memiliki periode yang sangat buruk. Kami masih di sini, tidak bersama Chelsea namu"n bersama yang lainnya.

        Alexis Sanchez mencetak kedua gol Arsenal di Emirates, meski gol pertamanya pada menit ke-34 berbau keberuntungan sebab bola mengenai tangannya.

        "Wasit meminta maaf kepada kami setelah turun minum dan mengatakan itu adalah handball," kata bek Hull Andrew Robertson.

        Gol kedua pemain Chile ini juga terjadi melalui "handball," kali ini dari pemain Hull Sam Clucas menjelang pertandingan usai, yang membuat timnya dihukum penalti dan dirinya dikeluarkan. Eksekusi penalti sukses Sanchez membuat dirinya kini telah mengoleksi 17 gol dari 25 pertandingan liga, termasuk empat gol ke gawang Hull.

        Di Old Trafford, Manchester United terlihat sangat jauh dari tim yang sempat terperosok di bulan-bulan awal musim dan memperpanjang laju tidak terkalahkan mereka di liga menjadi 16 pertandingan.

        Juan Mata membawa mereka unggul sebelum Anthony Martial menggandakan keunggulan setelah turun minum.   
   "Enam belas pertandingan tidak terkalahkan merupakan rekor luar biasa," kata manajer United Jose Mourinho.

      
   Balik modal
 
       Southampton mengalami balik modal instan terkait biaya 14 juta pound yang mereka bayarkan kepada Napoli untuk mendapatkan penyerang Italia Gabbiadini pada hari terakhir bursa transfer.

        Dua golnya ke gawang Sunderland, termasuk perputaran badan dan tembakan brilian, membuat dirinya kini telah mengoleksi tiga gol dari dua pertandingan.

        Sunderland dan Palace tetap menghuni dasar klasemen dengan 19 angka setelah gol keenam Joe Allen di liga musim ini untuk Stoke -- torehan terbaiknya -- sudah cukup untuk menaklukkan Palace asuhan Sam Allardyce.

        Tim peringkat ke-15 Middlesbrough mendapatkan hasil imbang 0-0 yang berharga untuk unggul dua angka atas tim peringkat ketiga dari bawah Hull. Juara bertahan Leicester City menghadapi pertarungan menghindari degradasi di markas Swansea City pada Minggu.

        Tim papan tengah West Bromwich Albion harus berterima kasih atas gol penyama kedudukan Gareth MacAuley, yang mengamankan hasil imbang 2-2 di markas West Ham United.

    (H-RF)