Khamamik-Adam Ishak Sepakat Berdamai

id Khamamik-Adam Ishak Berdamai, Perdamaian Pilkada Mesuji, Pilkada Mesuji, Mesuji

Khamamik-Adam Ishak Sepakat Berdamai

Kesepakatan perdamaian jelang Pilkada Mesuji 2017, antara Khamamik-Adam Ishak bersama pejabat terkait lainnya, di Mesuji, Minggu (29/1). (FOTO: ANTARA Lampung/Raharja)

Mesuji, Lampung (ANTARA Lampung) - Suasana menjelang Pilkada Mesuji 2017 yang sempat memanas karena persaingan antara dua kubu pasangan kandidat diharapkan mereda, menyusul kesepakatan damai antara calon bupati Mesuji Khamamik dengan calon wakil bupati Adam Ishak.

Informasi menjelang Pilkada Serentak 2017 di Mesuji itu, perdamaian antara Khamamik yang merupakan calon petahana dan calon wakil bupati Adam Ishak, anak dari Wakil Bupati Mesuji Ismail Ishak yang meninggal pertengahan Oktober 2016 lalu, telah dilakukan di hadapan sejumlah pejabat Kepolisian dan TNI serta instansi terkait lainnya pada Minggu (29/1).

Calon bupati Mesuji Khamamik dan calon wakil bupati Mesuji Adam Ishak bersepakat menciptakan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Mesuji pada 15 Februari mendatang berjalan aman dan damai.

Pilkada Kabupaten Mesuji tahun 2017 diikuti dua pasangan calon, yaitu Febrina Lesisie Tantina-Adam Ishak, dan Khamamik-Sapli. Khamamik adalah calon petahana bupati Mesuji.

Calon bupati Mesuji dan calon wakil bupati Mesuji yang sempat berseteru tersebut akhirnya bertemu dan melakukan kesepakatan perdamaian di hadapan Kapolda Lampung Irjen Sudjarno, Danrem 043 Garuda Hitam Kol Inf Hadi Basuki, Kapolres Mesuji AKBP P Puji Sutan, Kabinda Brigjen Pol Denni Gafril, dan Asisten Tindak Pidana Umum Kejati Lampung Susanto mewakili Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung.

Namun meskipun kesepakatan berdamai tersebut sudah tercapai, keduanya juga sepakat proses hukum tindak pidana pemilu dan tindak pidana umum yang sedang mereka hadapi tetap berjalan sesuai ketentuan berlaku.

Khamamik telah ditetapkan sebagai tersangka dalam pelanggaran jadwal kampanye. Sedangkan Adam Ishak tersangka tindak penganiayaan.

Khamami yang pada pilkada nanti berpasangan dengan calon wakil bupati Sapli, sedangkan Adam Ishak merupakan pasangan calon bupati Febrina Lesisie Tantina tersebut menuangkan kesepakatan perdamaian mereka dalam bentuk kesepakatan bersama, dan ditandatangani pula oleh para pejabat kepolisian dan TNI maupun institusi terkait.

Salah satu poin yang tertuang pada kesepakatan tersebut di antaranya akan menjaga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat selama pelaksanaan dan usai Pilkada Mesuji.

Kemudian, keduanya sepakat tidak akan melakukan intimidasi kepada penyelenggara pilkada dan masyarakat, Selanjutnya juga tidak mengerahkan massa dan unjuk rasa dalam bentuk apa pun selama dan usai Pilkada Mesuji.

Berkaitan Pilkada Serentak 2017 di Provinsi Lampung, Komisioner KPU Lampung Handi Mulyaningsih mengingatkan pelaksanaan pemungutan suara makin dekat, yaitu 15 Februari nanti.

"Semoga sukses Pilkada Serentak 2017 Provinsi Lampung di Kabupaten Mesuji, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Pringsewu, dan Lampung Barat. Ingat ya tanggal 15 Februari 2017," ujar Handi pula.

Tim Pemutahiran Data Pemilih KPU setempat telah pula menjalani Bimbingan Teknis Aplikasi Penghitungan Suara (Bimtek Situng) untuk mempersiapkan Pilkada Serentak pada lima kabupaten di Lampung tersebut.