Dinkes Waykanan Gelar Pemeriksaan Rutin Kesehatan ASN

id farida aryani, kepala dinkes waykanan, dinkes waykanan periksa kesehatan asn

Dinkes Waykanan Gelar Pemeriksaan Rutin Kesehatan ASN

Para ASN Pemkab Waykanan sedang antre memeriksakan kesehatannya pada acara yang digelar Dinas Kesehatan Waykana, Jumat (27/1) (Foto Antaralampung.com/Emir FS)

...Pemeriksaan kesehatan ini akan dilakukan tiga bulan sekali, dan dilaksanan setiap hari Jumat usai berolahraga," kata Farida...
Waykanan, Lampung (ANTARA Lampung) - Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung, Jumat (27/1) menggelar penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan terhadap ratusan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemkab setempat.

Pemeriksan kesehatan ini berupa tes kesehatan seperti gula darah, asam urat, tensi darah dan lainnya. Pelaksaan ini dilakukan di lapangan pemkab setelah melakukan senam sehat setiap hari Jumat.

"Pemeriksaan kesehatan ini akan dilakukan tiga bulan sekali, dan dilaksanan setiap hari Jumat usai berolahraga," kata Kepala Dinas Kesehatan Waykanan, Farida Aryani, Sabtu.

Menurut dia, dengan diadakannya penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan tersebut para ASN dapat memperoleh pengetahuan tentang kesehatan yang lebih baik, dan akhirnya pengetahuan tersebut diharapkan dapat berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari.

"Selain untuk menambah pengetahuan tentang arti pentingnya kesehatan, terutama perilaku hidup sehat, juga menanamkan pemahaman bahwa pola hidup sehat merupakan kebutuhan bagi setiap individu," kata mantan Kepala Puskesmas Blambangan Umpu ini.

Dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini, para ASN di lingkungan Pemkab Waykanan bisa menjaga kesehatan, karena bila badan sehat maka pekerjaan pasti mudah diselesaikan.

Lulusan Fakultas Kedokteran Universaitas Sriwijaya palembang ini mengharapkan dengan adanya penyuluhan kesehatan seperti ini dapat membuat ASN semakin sadar akan pentingnya pola hidup sehat yang harus selalu diterapkan dalam kehidupan sehar-hari.

Sementara itu, Asisten II Setda Kabupaten Waykanan, Kussarwono mengatakan, penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan tersebut merupakan terobosan baru untuk menambah pengetahuan para aparatur tentang berbagai jenis penyakit dan penanganannya.

Ia mengimbau agar para ASN untuk terus menjaga kesehatan, sehingga pelayanan terhadap masyarakat juga dapat terlaksana dengan baik.

Acara tersebut juga diikuti oleh Sekda Waykanan, Bustam Hadori, para staf ahli, asisten dan pimpinan SKPD. (Ant)