Lampung Optimistis Capai Target Produksi Padi 4,4 Juta Ton

id ir jabuk, sekretaris dinas tanaman pangan dan hortikultura provinsi lampung, lampung optimistik capai produksi gkg 2017

Lampung Optimistis Capai Target Produksi Padi 4,4 Juta Ton

Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung, Ir Jabuk (Foto Antaralampung.com/Emir FS)

...Dengan adanya penyemprotan yang dilakukan petani menjelang panen ini diharapkan bisa mengurangi jumlah wereng yang ada di batang–batang padi," katanya...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung optimistis pada tahun 2017 dapat memenuhi target produksi padi yang ditetapkan Kementerian Pertanian RI sebanyak 4.401.188 ton gabah kering giling (GKG).

"Kami akan mengupayakan mencapai target yang sudah ditentukan, yaitu 4,4 juta ton GKG, walaupun saat ini hama wereng sedang melanda puluhan hektare sawah di Provinsi Lampung," kata  Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, Ir Jabuk saat ditemui, Selasa.

Menurut dia, pihaknya saat ini terus berupaya membantu petani untuk mengatasi serangan hama wereng agar hasil panennya tidak jauh merosot akibat hama tersebut.

"Dengan adanya penyemprotan yang dilakukan petani menjelang panen ini diharapkan bisa mengurangi jumlah wereng yang ada di batang–batang padi," katanya.

Jabuk menjelaskan, sekalipun hasil panen hanya sekitar 80 90 persen, pihaknya akan tetap berupaya maskimal dan mengerahkan seluruh petani untuk melakukan pengamatan rutin terhadap hama wereng karena bila dibiarkan akan bisa menyebabkan gagal panen.

Selain dengan penyemprotan, para petani juga bisa menggunakan cara lain, yaitu dengan bantuan laba-laba predator, kepik microvelia douglasi dan synarmonia octomaculata, cara ini juga dinilai ampuh untuk membasmi hama wereng.

Seharunya sebelum melakukan penyemproptan, terlebih dahulu menggunakan metode alami, yaitu bantuan laba-laba predator, kepik microvelia douglasi dan synarmonia octomaculata, bila sudah tidak mempan lagi baru menggunakan carian pestisida yang dapat mematikan serangga, kata dia.

Pihaknya, kata Jabuk, berharap kabupaten/kota dapat melakukan sosialisasi kepada para petani bahwa Lampung memiliki target produksi 4.4 juta ton padi, serta diusahakan hasil panen di Lampung tidak kurang dari target tersebut.

Namun demikian, dia mengatakan, dengan situasi yang dhadapi sebagaian petani saat ini, produksi GKG tahun 2017 minimal bisa mencapai 4,1 juta ton.

Pihaknya bersama pihak terkait akan terus berupaya membantu petani agar hasil panen padi benar-benar maksimal agar target yang telah ditetapkan bisa tercapai, tambahnya.