Pemprov Lampung Bangun Sekolah Baru

id sekda buka musprov asperindo, sutono, provinsi lampung

Pemprov Lampung Bangun Sekolah Baru

Sekdaprov Lampung Sutono (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

...Pemerintah Provinsi Lampung juga memberikan beasiswa kepada anak keluarga petani tidak mampu, ujar Sutono....
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung telah membangun enam unit sekolah baru untuk SMA/SMK yang diprioritaskan pada kabupaten memiliki indeks pembangunan manusia terendah.

Selain itu, pemprov juga membangun ruang kelas baru di 45 SMA/SMK, kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono di Bandarlampung, Jumat (13/1).

Ia menyebutkan Pemerintah Provinsi Lampung juga memberikan beasiswa kepada anak keluarga petani tidak mampu di Polinela untuk 250 orang mahasiswa, mahasiswa Tanri Abeng University, siswa SMK Kebangsaan dan beasiswa Sampurna Foundation.

Terkait kesejahteraan guru honor murni, lanjutnya, telah diberikan insentif kepada 2000 guru TK, 7.350 guru SD, 6.320 guru SMP, dan 1.000 guru SMA/SMK.

Total keseluruhan sebanyak 16.670 guru pada 12 kabupaten. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidik di daerah terpencil dilakukan melalui Program Lampung Mengajar sebanyak 100 orang guru yang tersebar di 12 Kabupaten.

Di sisi lain, Sutono mengatakan layanan perpustakaan dalam rangka peningkatan dan pengembangan budaya baca juga digencarkan, antara lain dengan pembuatan kartu anggota perpustakaan secara gratis dalam waktu dua menit, pengembangan akses data koleksi dan pendaftaran anggota melalui laman perpustakaan.

Kemudian, layanan story telling, audio visual gratis, wifi gratis bagi pemustaka, layanan perpustakaan di Lembaga Pemasyarakatan dan Rutan, perpustakaan keliling, acara car free day Kota Bandar lampung dan pantai wisata.

"Mempromosikan perpustakaan pada masyarakat umum dan dunia pendidikan melalui berbagai media dan lokasi, pengukuhan duta baca Provinsi Lampung, serta launching film karakter anak dengan Judul Berani Jujur dan Berwarna Itu Indah," kata Sutono.   (Ant)