Puskesmas Rebang Tangkas Way Kanan Raih Predikat Madya

id farida aryani, kepala dinkes waykanan, puskesmas rebang tangkas, raih predikat madya

Puskesmas Rebang Tangkas Way Kanan Raih Predikat Madya

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan, Farida Aryani (Foto Antaralampung.com/Emir FS)

...Kita masih menunggu hasil akreditasi dua puskesmas lainnya, diharapkan pada awal Februari 2017 sudah didapatkan hasilnya," ujarnya...
Way Kanan, Lampung (ANTARA Lampung) - Pusat Kesehatan Masyarakat Rebang Tangkas di Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung, berhasil meraih akreditasi dengan predikat Madya dari Kementrian Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Way Kanan, Farida Aryani, Jumat di Way Kanan menjelaskan, Puskesmas Rebang Tangkas merupakan satu dari tiga puskesmas yang diusulkan ke Kementrian untuk mendapatkan akreditasi.

"Alhamdulilah walaupun baru satu puskesmas berhasil, tapi status ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan Kabupaten Way Kanan, khususnya di Kecamatan Rebang Tangkas," kata Farida.

Ia menjelaskan, akreditasi status Madya untuk Puskesmas Rebang Tangkas itu dituangkan melalui surat Komisi Akreditasi FKTP Kementrian Kesehatan dengan Nomor TU.01.03/VI.14/45/ 2017. Tim Kementrian Kesehatan beberapa waktu lalu berkunjung ke Way Kanan untuk melakukan evaluasi dan penilaian.

Farida menjelaskan, Kabupaten Way kanan mengajukan tiga puskesmas untuk mendapatkan akreditasi, selain Puskesmas Rebang Tangkas, dua lainnya Puskesmas Baradatu dan Puskesmas Blambangan Umpu.

Kepala Dinkes Way Kanan itu mengatakan, untuk memperoleh akreditasi dengan status Madya ini diraih setelah melalui proses penilaian, antara lain pelayanan kepada masyarakat dan kepuasan publik terhadap pelayanan tenaga kesehatan.

"Kita masih menunggu hasil akreditasi dua puskesmas lainnya, diharapkan pada awal Februari 2017 sudah didapatkan hasilnya," ujarnya.

Farida mengaku puas walaupun hanya mendapatkan predikat Madya, piahknya akan terus berupaya agar ada Puskesmas di Way Kanan yang meraih predikat Utama.

"Walaupun sulit, kami jajaran Dinas Kesehatan akan terus mengupayakan agar ada Puskesmas yang bisa mendapatkan predikat Utama," kata dia.

Ia mengharapkan, puskesmas lainnya di Way Kanan bisa belajar dan mencontoh Puskesmas Rebang Tangkas yang telah mendapatkan predikat dari Kementrian Kesehatan tersebut untuk memperbaiki manajamen dan pelayanan administrasi hingga pelayanan terhadap pasien.

Sementara itu, Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya menyatakan sangat mengapresiasi capaian yang telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan dengan memperoleh predikat Madya untuk Puskesmas Rebang Tangkas.

Ia mengharapkan, dengan predikat Madya ini pelayanan harus terus ditingkatkan untuk mendapatkan predikat Utama.

Adipati mengatakan, predikat untuk puskesmas itu diharapkan semakin memberikan kepuasan dan kepercayaan masyarakat atas pelayanan kesehatan di Way Kanan. (Ant)