Pulau Pahawang Ramai Dikunjungi Wisatawan Liburan Natal

id pengunjung pulau pahawang

Pulau Pahawang Ramai Dikunjungi Wisatawan Liburan Natal

Ilustrasi pengunjung Pulau Pahawang (istimewa)

...Wisatawan yang datang diketahui lebih banyak dari sejumlah daerah di Pulau Jawa, dibandingan dari Pulau Sumatera...
Pesawaran, Lampung (ANTARA Lampung) - Objek wisata bahari Pulau Pahawang di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung ramai pengunjung dari berbagai daerah di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa saat liburan Natal 2016 ini.

Pengunjung di Pulau Pahawang, Pesawaran, Senin, sebanyak ratusan orang sejak pukul 08.00 WIB sudah memadati dermaga untuk bersiap melakukan penyeberangan.

Wisatawan yang datang diketahui lebih banyak dari sejumlah daerah di Pulau Jawa, dibandingan dari Pulau Sumatera.

Sebagian wisatawan itu mengaku telah lebih dahulu memesan kepada pengelola wisata di Pulau Pahawang, untuk memastikan mendapatkan pelayanan kapal dan peralatan yang diperlukan selama berwisata di pulau ini.

Bahkan sejumlah wisatawan memanfaatkan hari libur panjang ini, untuk menginap di kawasan Tanjung Putus, sekitar kawasan Pulau Pahawang tersebut.

Darmadji, warga Kecamatan Kedamaian mengatakan objek wisata di Pulau Pahawang sudah sangat ramai, apalagi fasilitasnya memang sudah sangat bagus.

"Fasilitasnya sudah sangat bagus dan harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah," kata dia.

Menurutnya penginapan yang tersedia di pulau itu juga sangat bagus, apalagi semua kebutuhan untuk memasak sudah ada, sehingga jika ada satu keluarga yang ingin berlibur bersama bisa dilakukan.

Harga yang ditawarkan untuk wisatawan berkunjung ke Pulau Pahawang dinilai cukup terjangkau, yaitu biaya penginapan untuk keluarga yang bermalam berkisar Rp1,5 juta hingga Rp3,5 juta.

Joko, wisawatan asal Kota Semarang, Jawa Tengah juga menilai kondisi pantai di Pulau Pahawang bersih, dan merasakan menginap di Tanjung Putus seperti tinggal di pulau pribadi.

"Menginap di Tanjung Putus seperti beristirahat di pulau pribadi, pemandangannya indah dan ombaknya tidak besar," kata dia.

Dia melanjutkan kondisi objek wisata alam di pulau itu harus terus dijaga, jangan sampai dirusak oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Salah satu pengelola wisata pantai Pulau Pahawang Sahat mengatakan liburan Natal 2016 ini sudah ramai pengunjung datang sejak Jumat (23/12), seminggu sebelum liburan sudah dipesan dan hal tersebut biasa dilakukan agar mendapatkan tempat seperti diinginkan.

"Banyak yang memesan lebih dahulu, sebab jika tidak pesan bisa tidak kebagian kapal karena berlibur di Pulau Pahawang bisa memakan waktu seharian," katanya.

Dia pun menawarkan paket wisata ke Pulau Pahawang itu, dengan biaya Rp250 ribu, dan wisatawan sudah bisa bewisata ke pasir timbul, Tanjung Putus dan "snorkeling" atau menyelam bila hari biasa hanya Rp170 ribu.

"Wisatawan bebas berwisata hingga sore hari dan mendapatkan satu kali makan," kata dia.

Jika ada wisatawan yang berminat untuk menginap di pulau, tersedia rumah yang lengkap dengan makan malam bertarif Rp1,5 juta hingga Rp8 juta bergantung jumlah pengunjung yang ikut menginap dan fasilitas yang disediakan.

Menurutnya wisata bahari Pulau Pahawang mulai diminati oleh wisatawan di luar Provinsi Lampung, meskipun baru berkembang tahun ini.

"Jika wisatawan tidak ingin secara paket, bisa menyewa alat menyelam Rp50 ribu dan sewa kapal dari Rp800 ribu hingga Rp1,5 juta," kata dia lagi.(Ant)