Menkominfo: Dirgahayu ANTARA

id menkominfo, dirgahayu antara, rudiantara, logo hut antara 79

 Menkominfo: Dirgahayu ANTARA

ILustrasi (ANTARA)

...tentu sebagai lembaga yang menyiapkan tentang informasi yang berkaitan dengan pemerintah, eksistensinya harus tetap di jaga...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyampaikan selamat ulang tahun ke-79 kepada Perum LKBN Antara yang jatuh pada Selasa, 13 Desember 2016.

"Dirgahayu Antara, tentu sebagai lembaga yang menyiapkan tentang informasi yang berkaitan dengan pemerintah, eksistensinya harus tetap di jaga," katanya seusai acara semiloka di Jakarta, Selasa (13/12)

Menkominfo mengatakan, Antara harus mampu terus membangun kapasitas, kompetensi, organisasi maupun sumber daya manusianya. Selain itu juga terus meningkatkan kontennya.

Menurut dia, sebagai penghasil konten di era digital saat ini, Antara juga dituntut harus mampu mendistribusikan ke dalam berbagai saluran, termasuk media-media internet.

Di sisi lain, Antara juga dapat bekerjasama dengan lembaga penyiaran publik seperti RRI dan TVRI maupun dengan lembaga lainnya guna menyiarkan konten-konten yang telah dihasilkan.

Seiring dengan beragamnya konten Antara termasuk juga TV Antara, menurut dia, perlu adanya kerjasama sinergi yang baik dengan RRI maupun TVRI.

"Antara juga ada Antara TV dan sebagainya, ini barangkali harus duduk sama-sama, sesama keluarga pemerintah siapa melakukan apa, agar lebih fokus, bukanya tidak boleh, tetapi agar lebih fokus," katanya.

Sementara itu, Kantor Berita Antara didirikan pada tanggal 13 Desember 1937 oleh AM Sipahoetar, Mr Soemanang, Adam Malik dan Pandoe Kartawigoena, saat semangat kemerdekaan nasional digerakkan oleh para pemuda pejuang.

Kantor Berita Antara yang saat itu masih di duduki Jepang, berhasil menyiarkan proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 ke berbagai daerah dan penjuru dunia. (Ant)