Nelayan Bandarlampung Tidak Melaut Karena Cuaca Buruk

id nelayan bandarlampung, cuaca buruk

Nelayan Bandarlampung Tidak Melaut Karena Cuaca Buruk

Ilustrasi nelayan bandarlampung (FOTO: ANTARA Lampung/Hisar Sitanggang))

...Sudah empat hari terakhir nelayan di Bandarlampung tidak melaut akibat cuaca buruk di perairan Teluk Lampung, kata Marzuki...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Nelayan di Kota Bandarlampung tidak melaut dalam beberapa hari terakhir akibat cuaca buruk yang melanda kawasan perairan Teluk Lampung dan dinilai sangat berbahaya bagi kapal nelayan yang tetap melaut.

"Sudah empat hari terakhir nelayan di Bandarlampung tidak melaut akibat cuaca buruk di perairan Teluk Lampung," kata Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Provinsi Lampung Marzuki Yazid, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan nelayan di Kota Tapis Berseri ini didominasi oleh perahu kecil dan perahu payang penangkap teri nasi.

Menurutnya saat ini nelayan setempat juga tidak bisa menangkap ikan di laut dengan perahu payang.

"Menangkap ikan menggunakan payang saja sulit, padahal aktifitasnya berada di perairan pinggiran," kata dia lagi.

Dia mengharapkan pemerintah memberikan perhatian kepada nelayan yang sulit melaut seperti itu, agar kebutuhan sehari-harinya dapat terpenuhi.

"Bantuan pada saat seperti ini sangat diperlukan nelayan yang sulit beraktifitas ke laut karena kondisi cuaca tidak memungkinkan melaut," katanya pula.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bandarlampung Zainul Bahri mengatakan pihaknya tidak bisa memberikan bantuan kepada para nelayan itu, mengingat anggaran yang tersedia sangat terbatas.

"Anggaran saja tidak ada, jadi kami tidak memberikan bantuan," kata dia lagi.

Ia juga mengatakan saat ini tidak ada bantuan dari pemerintah pusat untuk DKP Bandarlampung terkait kesejahtaraan nelayan.

Namun dia masih berharap Kementerian Kelautan dapat memberikan bantuan kapal kepada para nelayan, karena sudah dijanjikan sejak lama.

"Kami berharap kepada kementerian untuk segera merealisasikan kapal bantuan untuk nelayan tersebut," kata dia lagi.(Ant)