BKKBN Lampung Lantik Pengurus PIK-M Sehati Darmajaya

id PIK-M Sehati Darmajaya, Pelantikan PIK M Sehati Darmajaya, BKKBN Lampung dan Darmajaya, BKKBN Lampung, Darmajaya Lampung

BKKBN Lampung Lantik Pengurus PIK-M Sehati Darmajaya

Kepala Perwakilan BKKBN Lampung Dra Hj Paulina JS MM (kedua dari kanan) dan Rektor Darmajaya Ir Firmansyah Y Alfian MBA MSc (kedua dari kiri) usai pelantikan pengurus PIK-M Sehati Darmajaya. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Lampung Dra Hj Paulina JS MM bersama Rektor Intitut Informatika dan Bisnis Darmajaya Ir Firmansyah Y Alfian MBA MSc melantik pengurus organisasi Pusat Informasi Konseling Mahasiswa Smart Empathy Healthy Active Integrity (PIK-M Sehati) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, di Bandarlampung, Selasa (29/11).

Pengurus PIK-M Sehari yang dilantik itu, di antaranya Yoga Arnando sebagai Ketua, Ines Muharromah F sebagai Sekretaris, dan Ani Trijayanti sebagai Bendahara.

Pengukuhan pengurus PIK-M Sehati periode 2016/2017 di Kampus Darmajaya turut disaksikan oleh Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKKB PP) Kota Bandarlampung Lili Muzaini SSos MM, Wakil Rektor III Darmajaya Muprihan Thaib SSos MM, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Pemasaran Darmajaya Dedi Putra SE MSAk, dan mahasiswa Darmajaya.

Kepala BKKBN Provinsi Lampung Dra Hj Paulina JS MM mengucapkan selamat bertugas kepada pengurus PIK-M Sehati Darmajaya.

Ia juga mengapresiasi Kampus Darmajaya yang telah mendukung Program Generasi Berencana (GenRe) di kampus tersebut.

"Pengurus dan anggota PIK-M Sehati Darmajaya akan menjadi ujung tombak dari BKKBN Provinsi Lampung untuk mengedukasi, menginformasikan, dan mengajak generasi muda khususnya mahasiswa lainnya untuk menjauhi perilaku menyimpang," ujarnya.

Paulina menerangkan, menurut data penelitian Pusat Kajian Gender dan Seksualitas Universitas Indonesia tahun 2015, Indonesia menempati peringkat kedua di Asia Tenggara dalam presentasi pernikahan dini dan kehamilan pada remaja. Menurutnya, karena itu, pernikahan dini, aborsi, dan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja merupakan perilaku yang harus diantisipasi.

"Kami berharap PIK-M Sehati Darmajaya dapat membantu BKKBN Provinsi Lampung untuk ikut serta meningkatkan kesadaran remaja akan perilaku sehat dan bertanggung jawab untuk menjadi generasi yang mempersiapkan kehidupan yang lebih baik di masa mendatang," ujarnya.

Kepala BKKBN Provinsi Lampung itu juga mengungkapkan kebanggaannya kepada mahasiswa Darmajaya Qori Sagita yang berhasil menjadi juara I Putri Genre Lampung 2016, dan mewakili Lampung dalam pemilihan Duta Generasi Berencana tingkat nasional.

"Semoga tahun depan, perwakilan PIK-M Sehati Darmajaya bisa kembali memenangkan pemilihan Duta Genre tingkat regional dan mengharumkan nama Provinsi Lampung di tingkat nasional," ujarnya pula.

Ketua Umum PIK-M Sehati Darmajaya Yoga Arnando mengucapkan terima kasih kepada anggota PIK-M Sehati Darmajaya, Kampus Darmajaya dan BKKBN Provinsi Lampung yang telah mempercayakannya memimpin organisasi tersebut. Ia juga berjanji untuk berusaha dengan maksimal dalam memajukan PIK-M Sehati Darmajaya untuk semakin lebih baik.

Wakil Rektor III Darmajaya Muprihan Thaib SSos MM berharap pengurus PIK-M Sehati Darmajaya bisa lebih banyak berkontribusi mengedukasi masyarakat khususnya remaja tentang program generasi berencana dan kesehatan reproduksi.

"Banyak kasus pergaulan bebas remaja saat ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Karena itu, kesadaran remaja tentang bahaya pergaulan bebas, narkoba dan lainnya harus lebih ditingkatkan," katanya lagi.