Kepala Kampung Akui Ronda Turunkan Tingkat Kriminalitas

id bupati mustafa ronda

Kepala Kampung Akui Ronda Turunkan Tingkat Kriminalitas

Bupati Lampung Tengah Mustafa berdiskusi dengan warga saat ronda dengan di Bandarjaya Timur (FOTO:ANTARA Lampung/Humas Pemkab Lampung Tengah)

...Sejak digulirkan ronda, terbukti berhasil menekan kejahatan...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Sejumlah kepala kampung di Kabupaten Lampung Tengah mengakui kegiatan ronda yang menjadi program pilihan bupati setempat, Mustafa, dapat menurunkan tingkat kriminalitas.

Alhamdulillah kesadaran warga mengikuti ronda sudah tinggi. Pada malam hari Insya Allah tidak ada celah bagi pelaku kriminalitas untuk melakukan aksinya, kata Kepala Kampung Poncowati, Lampung Tengah, Gunawan dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung, Minggu.

"Sekarang tantangan kami justeru di siang hari pada kisaran pukul 10.00 sampai 15.00 WIB. Untuk menyiasatinya kami mengaktifkan Linmas untuk melakukan patroli," katanya.

Ia menjelaskan, sejak digulirkan ronda, terbukti berhasil menekan kejahatan di kabupaten berjuluk "Bumi Jejamo Wawai"ini dan keamanan di wilayahnya semakin baik sejak ronda diaktif secara menyeluruh.

Meski tak menyebutkan jumlah persentase penurunan tingkat kriminalitas, Gunawan mengakui bahwa ronda sangat efektif untuk meningkatkan keamanan. Menurutnya ronda juga mampu meningkatkan kebersamaan dan sikap solid di kalangan warga.

"Tinggal kerja sama dengan kepolisian, kami harap bisa ditingkatkan. Sesekali kepolisian seharusnya melakukan patroli atau mendampingi warga melakukan ronda," kata dia.

Kepala Kampung Gayabaru Sidiq Purnomo mengatakan, kriminalitas seperti pencurian kendaraan bermotor, begal dan pencurian berkurang sejak program ronda diaktifkan.

Ia juga mengakui sangat terbantu dari pemkab menggulirkan dana Rp5 juta untuk pembangunan pos ronda setiap kampung.

"Kriminalitas berkurang jauh. Curanmor, begal dan pencurian semakin berkurang. Ronda memang sangat bermanfaat untuk meningkatkan keamanan. Ini kami rasakan betul. Karenanya kami akan selalu mendukung program ronda ini," ujar dia.

Sementara itu Bupati Lampung Tengah Mustafa mengatakan banyaknya aksi kriminalitas di kabupaten tersebut membuat dirinya selaku kepala daerah mengajak warga untuk aktif ronda.

"Sebelum ada ronda, di Lamteng ini sering terjadi konflik antarwarga dan aksi kriminalitas. Nah, dengan kegiatan ronda ini mampu menjaga kerukunan antarwarga dan menutup ruang gerak pelaku kriminal. Tindak kriminalitas pun menurun," katanya.

Dulu sebelum ada kegiatan ronda, kata Mustafa, banyak warga yang tidak berani ke luar rumah karena takut menjadi korban kejahatan. Sejak ronda diaktifkan, menurutnya kejahatan di Lampung Tengah berkurang hingga 70 persen.

"Setelah ada ronda, kampung ada kehidupan dan ada musyawarah malam hari. Warga pun tidak perlu lagi takut ke luar rumah. Pelaku kriminal pun harus berpikir dua kali jika berbuat kejahatan kalau melihat aktivitas ronda," ujarnya.

Bupati ini pun menyadari bahwa keamanan merupakan tanggung jawab bersama. "Kalau hanya mengandalkan kepolisian, tidak mungkin. Apalagi jumlah personel kepolisian tidak sebanding dengan luasnya Lamteng yang harus dijaga. Makanya peran aktif masyarakat ronda sangat diharapkan. Tidak membedakan pejabat atau orang kaya. Semua sama-sama ikut menjaga keamanan," ungkapnya.

Tidak hanya itu. Menurut Mustafa, kegiatan ronda menjadikan pikiran negatif bisa jadi positif. "Tadinya niat mencuri, karena ada yang ronda tidak jadi. Gotong-royong pun mulai semarak. Sudah jarang terdengar konflik karena semua permasalahan bisa diselesaikan dengan musyawarah. Ada kas kampung melalui ronda dengan sistem jimpitan. Bahkan kabupaten/kota lain pun sudah mulai mengikuti," ucapnya.

Terkait alasannya sering turun langsung ronda, Mustafa menyatakan bahwa dirinya sebagai kepala daerah tidak mau hanya duduk diam di belakang meja tanpa tahu persoalan masyarakat di bawah.

"Kalau pemimpin tidak memberikan contoh, bagaimana anak buah mau mengikuti? Dengan ronda, saya juga bisa tahu apa keluhan dan permasalahan warga secara langsung. Makanya hampir setiap malam keliling kampung mamantau aktivitas ronda," katanya.

Dengan adanya ronda, kata Mustafa, warga bisa tidur nyenyak malam hari dan merasa tenang saat beraktivitas di luar rumah. "Bisa tidur nyenyak tanpa takut ada pencuri. Kita akan bangun 2017 pos ronda di setiap dusun guna menunjang aktivitas ronda dan membuat Lamteng terang benderang dengan pemasangan lampu jalan," kata dia.(Ant)