Dortmund Hentikan Laju Tidak Terkalahkan Bayern

id strikter dortmunt, bundesliga, liga jerman

Dortmund Hentikan Laju Tidak Terkalahkan Bayern

Pierre-Emerick Aubameyang (Borussia Dortmund) (standard.co.uk)

...Rasanya begitu hebat untuk mencetak gol ini, katanya....
Dortmund (Antara/Reuters/ANTARA Lampung) - Borussia Dortmund mengakhiri laju tidak terkalahkan Bayern Munich, menang 1-0 pada Sabtu berkat gol ke-12 Piere-Emerick Aubameyang di musim ini, memangkas selisih antara sang juara dan pesaing terdekat mereka untuk meraih gelar menjadi tiga angka.

Pemain internasional Gabon membuat Dortmund mencatatkan start paling ramai, memasukkan gol pada menit ke-11 dengan memanfaatkan assist dari Mario Goetze, yang menghadapi bekas klubnya untuk pertama kalinya sejak kepindahannya pada musim panas.

"Rasanya begitu hebat untuk mencetak gol ini," kata sang penyerang kepada para pewarta. "Ini merupakan pekerjaan hebat dari Lukasz Piszczek dan Mario." "Saya sangat senang untuk para penggemar kami yang mendukung kami sepanjang permainan. Mereka tidak pernah berhenti." Lebih dari 15 menit permainan telah berlalu sebelum Bayern, yang turun ke peringkat kedua di Liga Jerman, tertinggal tiga angka di belakang tim pemuncak klasemen baru RB Leipzig, mampu mencatatkan tembakan ke gawang, namun mereka begitu dominan pada babak kedua meski mereka gagal menaklukkan kiper Roman Buerki.

Mereka mencetak gol pada menit kesepuluh di babak kedua, namun sepakan Frank Ribery itu dianulir karena offside.

Xabi Alonso kemudian melepaskan tembakan yang membentur mistar gawang ketika Bayern meningkatkan tekanan, mengurung Dortmund di area pertahanannya sendiri.

Aubameyang semestinya membawa tuan rumah unggul dua gol pada menit ke-71, ketika ia memaksimalkan kesalahan Alonso dan melesat ke kotak penalti, namun Manuel Neuer menghadangnya dan sepakan yang ditembakkan sang penyerang melebar.

Dortmund, yang mencatatkan kemenangan keduanya di liga dalam sembilan pertandingan terakhir melawan Bayern, naik ke peringkat ketiga dengan koleksi 21 angka, tertinggal enam angka dari Leipzig, yang menang 3-2 di markas Bayer Leverkusen pada Jumat malam.

Marcel Risse mencetak gol penentu kemenangan pada fase akhir pertandingan ketika Cologne bangkit dari tertinggal satu gol untuk menang 2-1 atas Borussia Moenchengladbach, dan naik ke peringkat keempat, unggul atas Hertha Berlin, yang turun ke peringkat kelima menyusul hasil imbang tanpa gol di markas Augsburg. Keduanya juga sama-sama memiliki 21 angka.

Gladbach, yang pada musim ini bersaing di Liga Champions, mencatatkan enam pertandingan tanpa kemenangan setelah Risse melepaskan tembakan dari tendangan bebas dengan sisa waktu beberapa detik permainan.

Gol pemain tersubur Liga Jerman Anthony Modeste pada menit ke-59 -- gol ke-12nya musim ini -- membatalkan gol Lars Stindl pada menit ke-32 yang sempat membawa Gladbach unggul.

Hertha gagal untuk lebih mendekati puncak klasemen pada pertandingan yang berlangsung kurang menarik melawan Augsburg.

Schalke 04 meraih kemenangan 1-0 di kandang VfL Wolfsburg berkat gol penentu kemenangan Leon Goretzka delapan menit sebelum pertandingan usai, untuk membuat Wolves hanya unggul dua angka dari zona degradasi.  (Ant)