Wilayah Polsek Tanjungkarang Barat Rawan Penjambretan

id kapolsek tkb, harto agung

Wilayah Polsek Tanjungkarang Barat Rawan Penjambretan

Kapolsek Tanjungkarang Barat (TKB) AKP Agung Harto (FOTO: ANTARA Lampung/Roya Baskara Pratama)

...Wilayah hukum Polsek TKB memang sangat rawan penjambretan dan juga pencurian di rumah kosong, karena banyak jalan yang sepi serta perumahan, kata Agung...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Polsek Tanjungkarang Barat, Bandarlamung, telah membentuk tim patroli untuk mengantisipasi dan memberantas tindakan kriminal yang rawan terjadi di wilayah hukumnya.

"Wilayah hukum Polsek TKB memang sangat rawan penjambretan dan juga pencurian di rumah kosong, karena banyak jalan yang sepi serta perumahan," kata Kapolsek Tanjungkarang Barat (TKB) AKP Agung Harto di Bandarlampung, Selasa.

Ia menyatakan telah membentuk tim patroli dan siaga jambret yang anggotanya banyak dari kalangan masyarakat, sebab tanpa ada bantuan dari warga sulit mengungkap kejahatan tersebut.

Sejumlah jalan yang rawan penjambretan, yakni Jalan Pagar Alam, Jalan Imam Bonjol dan Jalan R.A Kartini dan pelaku kejahatan ini biasanya berkelompok.

"Kejahatan yang terjadi bukan hanya itu saja sebab dalam dua minggu kami berhasil mengungkap 11 kasus," kata dia.

Dari 11 kasus ini tersangka berjumlah 14 orang, kasus terbanyak yang terungkap adalah narkoba sebanyak empat kasus.

Lalu untuk pencurian dengan pemberatan dua kasus, pencurian kendaraan bermotor dua kasus, penggelapan dua kasus, perbuatan cabul satu kasus dan senjata tajam satu kasus.

"Jumlah tersangka 14 orang itu, dua orang pencurian dengan pemberatan, tiga orang pencurian kendaraan bermotor, penggelapan dua orang, narkoba lima orang, perbuatan cabul satu orang dan senjata tajam satu orang," kata dia.

Barang bukti yang dikumpulkan, yakni satu nomor polisi mobil, satu paket ganja, empat paket sabu-sabu, satu buah senjata tajam dan satu unit sepeda motor.

"Kami akan terus insentifkan razia untuk mencegah tindak kejahatan jalanan yang masih kerap terjadi di wilayah TKB," kata dia.

Ia mengharapkan kepada masyarakat untuk ikut membantu menjaga keamanan terutama pada malam hari dengan menggelar ronda serta segera melapor jika ada tindak kejahatan.

Selain itu, masyarakat juga jangan mudah percaya terhadap orang yang baru dikenal apalagi berpura-pura sebagai petugas PLN sebab dikhawatirkan akan melakukan tindak kejahatan. (Ant)