Selasa, 17 Oktober 2017

Dua gol Pogba bawa United raih kemenangan

id Paul pogba, manchester united, liga eropa
Dua gol Pogba bawa United raih kemenangan
Paul Pogba. (Www.youtube.com)
London (Antara/Reuters/ANTARA Lampung) - Paul Pogba menebus statusnya sebagai pemain termahal di dunia dengan mencetak dua gol saat Manchester United menemukan kembali kilaunya, menang 4-1 atas Fenerbahce di Liga Europa untuk memuncaki klasemen grup Liga Europa mereka pada Kamis.

Pogba menyumbang gol melalui penalti dan mendongkrak United dari posisi ketiga ke pemuncak klasemen grup. Anthony Martial juga mengemas gol dari titik putih dan Jesse Lingard mencetak gol pada babak kedua, sebelum mantan idola Old Trafford Robin van Persie membukukan satu gol balasan untuk Fenerbahce.

Nasib berbeda didapat oleh Inter Milan dan AS Roma.

Pelatih Frank de Boer menarik nafas lega ketika Inter mampu selamat dari gempuran Southampton untuk mengakhiri laju tiga kekalahan beruntun, melalui kemenangan 1-0, sedangkan Roma kemasukan dua gol larut untuk bermain imbang 3-3 dengan tamunya Austria Vienna.

Tiga tim memiliki rekor sempurna setelah tiga pertandingan, Shakhtar Donetsk, Schalke 04, dan Zenit St Petersburg memenangi pertandingan-pertandingan yang mereka mainkan untuk semakin dekat dengan putaran gugur.

United memiliki enam angka di Grup A setelah tampil cemerlang, menjelang kembalinya manajer Jose Mourinho ke bekas klub asuhannya Chelsea pada Minggu.

Mereka membuka keunggulan pada menit ke-31 ketika Juan Mata dijatuhkan di kotak terlarang.

Eksekutor penalti reguler Wayne Rooney berada di lapangan dan hanya memerlukan satu gol lagi untuk menyamai koleksi Ruud van Nistelrooy sebagai pemain tersubur United di Eropa, namun Pogba mengambil bola dan mengonversinya menjadi gol dari titik putih.

Tuan rumah kembali mendapat penalti kurang dari tiga menit kemudian, dan kali ini Martial menjadi eksekutor sebelum Pogba mengemas gol ketiga bagi tuan rumah.

Lingaard mengubah skor menjadi 4-0 saat babak kedua baru berlangsung tiga menit, dan Van Nistelrooy mencetak satu gol balasan untuk tim Turki ketika pertandingan menyisakan tujuh menit.

Pogba, yang dikritik menyusul penampilan buruknya saat United bermain imbang tanpa gol di markas Liverpool pada Minggu, disanjung oleh Mourinho setelah mencetak dua gol dalam satu pertandingan untuk pertama kalinya selama hampir dua tahun.

"Ia memerlukan waktu," kata sang manajer mengenai gelandang yang ia datangkan dengan biaya transfer 89 juta pound pada musim panas.

"Berada di Italia selama empat atau lima tahun... Saya tidak berharap ia mampu segera menyesuaikan diri dengan intensitas-intensitas (di Inggris)." Di bawah tekanan Tekanan memuncak bagi pelatih Inter De Boer setelah start buruk di musim ini yang membuat mereka terpuruk di posisi ke-11 di Liga Italia dan belum mendulang poin di Eropa.

Setelah dua kekalahan beruntun di Grup K, gaya permainan mengandalkan penguasaan bola ala De Boer menjadi sorotan dan mereka terlihat kesulitan saat Southampton menciptakan serangkaian peluang bagus.

Bagaimanapun, saat tim Liga Inggris itu meningkatkan tekanan, Antonio Candreva mampu mencetak gol pada menit ke-67. Marcelo Brozovic diusir keluar lapangan pada fase akhir pertandingan, namun Inter mampu mempertahankan kemenangan.

Kapten Roma Francesco Totti mengukir penampilan ke-100nya di Eropa untuk klub saat menjamu Austria Vienna, namun malamnya dinodai oleh keberhasilan tim tamu bangkit dari tertinggal 1-3 untuk membawa pulang satu angka.

Dua gol Roma dari Stephan El Shaarawy membatalkan gol pembukaan Raphael Holzhauser, dan ketika Totti memberikan assist keduanya untuk Alessandro Florenzi untuk diteruskan menjadi sepakan voli yang berbuah gol, tuan rumah terlihat akan mengamankan kemenangan.

Namun pemain pengganti Dominik Prokop dan Olarenwaju Kayode mencetak gol dalam waktu singkat, untuk mengamankan satu angka pada pertandingan Grup E tersebut.

Shakhtar Donetsk menghancurkan klub Belgia Gent dengan skor 5-0 di Grup H, dan Schalke menang 1-0 atas Krasnodar berkat gol dari Yevhen Konoplyanka di Grup I.

Zenit sempat tertinggal terlebih dahulu saat melawan tim Irlandia Dundalk, namun gol-gol dari Robert Mak dan pemain Brazil Giuliano mengamankan kemenangan 2-1, kemenangan beruntun ketiga mereka di Grup D.

Rekor 100 persen milik juara Eropa empat kali Ajax Amsterdam di Grup G harus terhenti oleh Celta Vigo, yang menahan imbang tamunya itu dengan skor 2-2 di Spanyol.





Editor: Samino Nugroho

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga

Generated in 0.0709 seconds memory usage: 0.49 MB