BKOW Lampung prioritaskan penanggulangan kanker serviks

id yustin bkow, kanker servikc

BKOW Lampung prioritaskan penanggulangan kanker serviks

Penasihat BKOW Lampung, Aprilani Yustin Ficardo (FOTO: ANTARA Lampung/Dinas Kominfo Provinsi Lampung)

...Program itu juga selaras dengan program kerja Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, kata Yustin...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Lampung dalam program kerjanya memprioritaskan penanggulangan kanker serviks karena momok menakutkan bagi wanita.

"Program itu juga selaras dengan program kerja Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak," kata Penasihat BKOW Lampung, Aprilani Yustin Ficardo, di Bandarlampung, Rabu.

Ia menyebutkan, kanker serviks dan kanker lainnya masih menjadi momok bagi wanita, karena itu dirinya akan mengusulkan klinik khusus kanker di Lampung lewat dinas kesehatan kepada gubernur setempat.

"Seperti yang diketahui selama ini biaya rujukan rumah sakit ke luar Lampung cukup mahal, dengan adanya klinik ini nantinya kita jadi lebih cepat tanggap dan akan menekan biaya yang tinggi," kata Istri Gubernur Lampung M Ridho Ficardo itu.

Program BKOW Lampung lainnya, lanjut dia, berkaitan dengan pentingnya parenting dalam penanggulangan penyalahgunaan narkoba bagi anak dan remaja.

Yustin Ficardo berharap semua organisasi wanita saling bersinergitas dalam pelaksanaan kegiatan dan pembuatan program kerja dalam mendukung pemerintah.

BKOW sebagai wadah dari semua organisasi wanita memiliki beberapa pekerjaan rumah yang harus menjadi prioritas dan diselesaikan secara bertahap, salah satunya merupakan program dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak yang dikenal dengan program "Three Ends".

Three End itu, yakni, End yang pertama; Akhiri Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak. Kedua; Akhiri Perdagangan Manusia, dan ketiga; Akhiri Kesenjangan Ekonomi Terhadap Perempuan.

"Saya mengharapkan perempuan-perempuan di daerah ini dapat menghasilkan karya yang berkualitas dan menjadikan anak-anak yang hebat untuk bangsa dan negara kita tercinta, Indonesia," katanya. (Ant)