Sekdaprov: 7,5 juta warga Lampung miliki E-KTP

id pj sekdaprov sutono, miliki e-ktp, provinsi lampung

Sekdaprov: 7,5 juta warga Lampung miliki E-KTP

Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono (FOTO: ANTARA Lampung/istimewa)

...Warga Lampung pemilik e-KTP itu sekitar 85 persen dari jumlah penduduk di Provinsi Lampung. kata Sutono...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono menyebutkan sebanyak 7,5 juta warga Lampung telah memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

"Warga Lampung pemilik e-KTP itu sekitar 85 persen dari jumlah penduduk di Provinsi Lampung. Kami menargetkan akhir tahun 2016 ini pelaksanaan e-KTP di Provinsi Lampung mencapai 100 persen," kata Pj Sekdaprov Lampung itu, di Bandarlampung, Jumat (30/9).

Ia menyatakan pelaksanaan e-KTP di Provinsi Lampung berjalan lancar, yakni rata-rata memakan waktu sekitar 12 menit dalam proses perekamannya.

Pihaknya menargetkan akhir tahun 2016 ini seluruh masyarakat Lampung telah memiliki e-KTP, sehingga terus berupaya agar pelaksanaan e-KTP itu dapat segera terselesaikan.

Terkait organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Sutono menyampaikan keberadaannya baik di tingkat provinsi maupun di kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

"Nama yang digunakan telah sesuai dengan arahan dari pusat, yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil provinsi dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten dan kota. Hanya saja legalitasnya masih menunggu pengesahan dari DPRD Provinsi Lampung," ujarnya lagi.

Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh SH MH mengapresiasi berbagai upaya yang dilakukan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam penerapan e-KTP di Provinsi Lampung.

Pihaknya juga berjanji akan melakukan pertemuan khusus terkait legalitas kependudukan bagi masyarakat di daerah perhutanan di Provinsi Lampung.

Pemprov Lampung menggelar video conference dengan Kementerian Dalam Negeri dalam rangka pembahasan e-KTP dan Organisasi Dinas Dukcapil Provinsi di Ruang Rapat Utama kantor gubernur Lampung, Kamis (29/9).

Dalam video conference itu, Pj Sekdaprov Lampung Sutono menyampaikan laporan perkembangan pelaksanaan e-KTP di Lampung yang merupakan salah satu provinsi dengan jumlah penduduk sekitar 9,5 juta jiwa.

Namun demikian pihaknya terus berupaya secara maksimal agar pelaksanaan e-KTP di Provinsi Lampung dapat segera terselesaikan.

Berdasarkan data sebelumnya, dalam pelaksanaan e-KTP itu, masih ada 110 ribu masyarakat di Kota Bandarlampung, ibu kota Provinsi Lampung yang belum memiliki e-KTP dari 875 ribu warga wajib e-KTP.

Kendalanya antara lain, mengingat Disdukcapil setempat hanya memiliki empat mesin cetak dan hanya mampu mencetak 150 keping per harinya.(Ant)