Festival Krakatau Lampung 2016 Digelar

id Festival Krakatau 2016, Festival Krakatau di Lampung, Festival Krakatau

Festival Krakatau Lampung 2016 Digelar

Rangkaian Festival Krakatau Lampung 2016 digelar di Mall Boemi Kedaton Bandarlampung, Rabu (24/8).(FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk mempromosikan keindahan serta daya tarik wisata di daerah Lampung dan membangun pasar untuk mengembangkan skala ekonomi dari bidang pariwisata," ujar dia pula.
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung menggelar acara Lampung Krakatau Festival 2016 sebagai salah satu ajang untuk mempromosikan pariwisata di Provinsi Lampung, di Mall Boemi Kedaton Bandarlampung, Rabu (24/8).

Dalam sambutan Gubernur Lampung M Ridho Ficardo yang diwakili oleh Plt Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono menjelaskan bahwa saat ini pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung cukup stabil di tengah kondisi ekonomi nasional yang kurang baik yakni sebesar 5,29 persen.

Menurutnya, hal tersebut berdampak pada kesejahteraan masyarakat Lampung yang terus meningkat seiring dengan tren peningkatan pendapatan per kapita di Provinsi Lampung. Selain itu, kesejahteraan yang terus membaik tersebut menjadikan rekreasi dan berwisata sebagai kebutuhan dan lifestyle bagi masyarakat Lampung.

Lebih lanjut Gubernur Ridho melalui Plt Sekretaris Daerah Lampung sekaligus Kepala Dinas Kehutanan Sutono menjelaskan bahwa peningkatan tersebut juga berdampak pada peningkatan sektor pariwisata di Provinsi Lampung. Hal ini terbukti dari peningkatan jumlah wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara ke Lampung sejak tahun 2012 lalu.

"Kami berharap dengan menggelar Lampung Festival Krakatau 2016 ini dapat lebih meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Provinsi Lampung serta mempromosikan Provinsi Lampung ke berbagai wilayah nusantara dan mancanegara," ujarnya lagi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Choiria Pandarita menngatakan bahwa rangkaian Lampung Krakatau Festival 2016 ini akan melibatkan seluruh elemen masyarakat, dunia usaha, instansi pemerintahan di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

Berbagai acara yang dikemas dalam rangkaian Festival Krakatau tahun ini, yaitu "Jelajah Pesona Krakatau" akan menggelar 5 kegiatan utama di antaranya adalah Jelajah Pasar Seni yang akan berlangsung pada tanggal 24-28 Agustus 2016 di Mall Boemi Kedaton dengan menampilkan berbagai pagelaran seni, Jelajah Layang-Layang di Stadion Sumpah Pemuda PKOR Way Halim dari tanggal 25-26 Agustus yang akan diikuti oleh 4 negara yakni Indonesia, Prancis, Singapura, Thailand, dan Malaysia.

Selain itu, kegiatan lainnya yang akan diselenggarakan adalah Jelajah Rasa di Lapangan Saburai Enggal pada tanggal 26-28 Agustus sekaligus melaunching logo dan tagline pariwisata "Lampung The Treasure of Sumatera" dan menampilkan Band Wali dari Jakarta.

Selanjutnya Jelajah Krakatau di Pantai Sari Ringgung pada tanggal 27 Agustus, dan Jelajah Semarak Budaya di Tugu Adipura pada tanggal 28 Agustus dengan menampilkan berbagai parade budaya dari 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, serta malam harinya akan dilakukan investor summit untuk menarik masuk investasi pariwisata di Provinsi Lampung.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk mempromosikan keindahan serta daya tarik wisata di daerah Lampung dan membangun pasar untuk mengembangkan skala ekonomi dari bidang pariwisata," ujar dia pula.

Acara ini dibuka dengan permainan gamelan oleh istri Gubernur Lampung Aprilani Yustin Ficardo, dan dihadiri oleh jajaran Forkopimda serta sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Lampung.